Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Berbantuan Software Tracker pada Materi GHS

Penulis

Maya Aprilia , Patricia Hotma Minar Lubis , Linda Lia

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.2286

Diterbitkan:

2020-12-31

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Kata Kunci:

Discovery Learning, Concept Understanding, Tracker Software

Articles

Cara Mengutip

Aprilia, M., Lubis, P. H. M., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Berbantuan Software Tracker pada Materi GHS. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 320–326. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2286

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to analyze the effect of the Discovery Learning model on the conceptual understanding of high school students assisted by tracker software on simple harmonic vibration (GHS) material. The method used in this research is quantitative research with a Quasi Experiment design type Posttest Only Control Design. The population in this study were all class X SMA Pembina Palembang which consisted of 2 classes. The sampling technique used saturated sampling because all members of the population were sampled in this study. Class X IPA 1 as an experimental class applied Discovery Learning model assisted by tracker software and class X IPA 2 as a control class applied Discovery Learning model. The data collection technique used a concept understanding essay test instrument as many as 10 questions. The results showed that the mean understanding of the concept of the experimental class students was average = 84.90 and the control class was average= 74.08. The results of the right-side hypothesis test are tcount ââ°Â¥ ttable, which is 7,567 ââ°Â¥ 1,653. This means that Ha is accepted. Then the conclusion is that physics learning by applying the Discovery Learning model assisted by tracker software on simple harmonic vibration (GHS) material has an influence on the conceptual understanding of high school students rather than using a learning model without being balanced with learning media.

Referensi

Agustin, F. C., Dirgantara, Y., & Nuryantini, A. Y. (2017). Pemanfaatan Media Software Tracker untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Impuls dan Momentum di SMKN 1 Soreang. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning physic, 2(1), 17-22.

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan (Cet.1 ed.). (Suryani, Ed.) Jakarta: Bumi Aksara.

Asrizal, Yohandri, & Kamus, Z. (2018, Mei). Studi Hasil Pelatihan Analisis Video dan Tool Pemodelan Tracker pada Guru MGMP Fisika Kabupaten Agam. Jurnal Eksakta Pendidikan(JEP), II(2), 141-148.

Erlinda, N. (2017, Juni). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, II(1), 49-55.

Habibulloh, M., & Madlazim. (2014, Juni). Penerapan Metode Analisi Video Software Tracker dalam Pembelajaran Fisika Konsep Gerak Jatuh Bebas untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Kelas X SMAN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya(JPFA), IV(1), 15-22.

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019, Juni 30). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97-104.

Kesumawati , N., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian . Depok: RajaGrafinda Persada.

Lidiana , H., Gunawan , & Taufik , M. (2018, Juni). Pengaruh Model Discovery Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA I Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, IV(I), 33-39.

Maduretno, T. W., Sarwanto, & Sunarno, W. (2016, Maret). Pembelajaran IPA dengan Saintifik Menggunakan ModelLearning Cycle dan Discovery Learning Ditinjau dari Aktivitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar. JPFK, II(1), 1-11.

Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H., & Ali, M. (2020, Maret). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Muhammadiyah Metro, III(I), 95-103.

Riyadi , A., Gunawan , & Ardhuba, J. (2015, April). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, I(II), 87-91.

Sarawati, D. L. (2016). Penggunaan Logger Pro untuk Analisis Gerak Harmonis Sederhana pada Sistem Pegas Massa. Faktor Exacta, IX(II), 119-124.

Sari, W. P., Suyanto, E., & Suana, W. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-BIRuNI, 6(2), 159-168.

Siregar, S. D., Panjaitan, B., Girsang, E., & Dabukke, H. (2019). Media Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 120-125.

Supardi, Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2(1), 71-81.

Surur, M., & Oktavia , S. T. (2019, Januari). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), VI(I), 11-18.

Trianggono, M. M. (2017, Januari). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1-12.

Ulandari, F., Zulkarnain, A., & Lubis, P. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Alat Peraga Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Terhadap Pemahaman Konsep Usah dan Energi Kelas X di SMA Negeri 8 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Program Pasca Sarjana (PPS) (pp. 529-532). Palembang: Prosiding Seminar Nasional Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas PGRI Palembang.

Wantoro, K., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2016). Pemanfaatan Kamera Smartphone dan Eyetracking Analysis pada Percobaan Kinematika di Atas Landasan Dua Demensi. Unnes Science Education Journal, V(II), 1191-1197.

Yahya, F., Hermansyah, & Fitriyanto, S. (2019, Juni). Virtual Experiment Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, V(I), 144-149.

Biografi Penulis

Maya Aprilia, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Fisika

Patricia Hotma Minar Lubis, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Fisika

Linda Lia, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Fisika

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.