Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) pada Pembelajaran Kimia

Authors

Putri Rizca Mardeni , Johni Azmi , Roza Linda

DOI:

10.29303/jpm.v16i1.1285

Published:

2021-01-09

Issue:

Vol. 16 No. 1 (2021): Januari 2021

Keywords:

chemistry, science education

Articles

Downloads

How to Cite

Mardeni, P. R., Azmi, J., & Linda, R. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.1285

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKPD) Berbasis RMS pada Materi Stoikiometri yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik RMS, kebahasaan, sajian dan kegrafisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan proses pengembangan mengacu kepada model pengembangan 4-D. Objek penelitian ini adalah bahan ajar yaitu Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis RMS. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi yang diberikan kepadaà tiga validator, dan dari hasil analisis data diperoleh validitas pada aspek kelayakan isi, karakteristik RMS, kebahasaan, sajian dan kegrafisan berturut-turut yaitu sebesar 95,24%, 95,83%, 98,33%, 97,92% dan 93,75% dengan kategori valid. LKPD yang telah valid menurut validator diujikan kepada 20 orang peserta didik dan mendapatkan hasil respon dengan persentase sebesar 92,71 % dengan kriteria sangat baik, serta oleh dua orang guru dan mendapatkan hasil respon dengan skor sebesar 3,5 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis RMS yang dihasilkan dinyatakan valid dan dapat digunakan pada mata pelajaran kimia SMA pada materi stoikiometri.

References

Watoni, A. H. (2014). Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI (Peminatan). Yrama Widya. Bandung.

Asyari, M., Al Muhdhar, M. H. I., & Susilo, H. (2016). Improving critical thinking skills through the integration of problem based learning and group investigation. International journal for lesson and learning studies.

Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Cetakan ke-4 (Yogyakarta.

Supangat, A. (2007). Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15, 22.

Riduwan, M. B. A. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alf. Bandung.

Trianto, M. P. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. In Seminar Nasional Pascasarjana Xââ¬âITS, Surabaya (Vol. 4).

Mujiyanti, A. R., Hakim, A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Generik Sains Kimia Bahan Alam: Isolasi Asam Anakardat dari Kulit Biji Jambu Mete. Chemistry Education Practice, 3(2), 91-98.

Zakaria, L. M. A., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Brain Based Learning: Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 554-557.

Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49-54.

Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 74-78.

Author Biographies

Putri Rizca Mardeni, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau

Johni Azmi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau

Roza Linda, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).