Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Praktikum Usaha Dan Energi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Authors

Maulida Turrahmah , Susilawati Susilawati , Muh Makhrus

DOI:

10.29303/jpm.v14i3.1329

Published:

2019-09-30

Issue:

Vol. 14 No. 3 (2019): September

Keywords:

Penguasaan Konsep, Discovery Learning, Alat Praktikum

Articles

Downloads

How to Cite

Turrahmah, M., Susilawati, S., & Makhrus, M. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Praktikum Usaha Dan Energi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 118–122. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1329

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model Discovery Learning berbantuan alat praktikum usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Gunungsari tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 orang danà kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 27 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Discovery Learning berbantuan alat praktikum usaha dan energi sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran Konvensional. Data penguasaan konsep diperoleh dengan menggunakan tes uraian sebanyak 10 soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil tes akhir penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,55 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73,19. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t polled varians dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh hasil àsebesar 2,12 danà àsebesar 2,02 sehingga nilai àlebih besar dari . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan alat praktikum usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik.

References

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Gunawan G. et al. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 1, No. 1: 9-14.

Makhrus, M. & Hadiprayitno, G. 2012. Penerapan Perangkat pembelajaran Fisika Berorientasi pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan Fisika dan Pembelajaran 19(2), 237-242.

Sari, P. I. et al. 2017. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902). Vol. 2 No. 4: 176-182.

Silaban, B. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan (ISSN. 0852-0151). Vol. 20 No. 1: 65-75.

Sugiana, I. N. et al. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902). Vol. II, No. 2: 61-65.

Kusdiastuti, M. et al. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902). Vol. II, No. 3: 116-122.

Priansa, D. J. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Lidiana, H. et al. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 4 No. 1: 33-39.

Azwar, S. 1998. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Usman, M. U. & Setiawati, L. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sani, R.A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Simbolon, R. F. & Situmorang, R. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di Kelas X SMAN 11 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika 6 (3): 62-67.

Putri, R. H. et al. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 6, No. 2: 173-180.

Wijaya, C. R. et al. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Projectile Launcher sebagai Alat Praktikum Fisika pada Materi Gerak Parabola Fisika Kelas XI IPA. Edu Sains. Vol. 3, No. 2: 46-56.

Saputra, O. et al. 2014. Pengaruh Problem-Based Learning Menggunakan Praktikum Alat Sederhana Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (ISSN. 2338-3240). Vol. 2 No.2: 36-42.

Widiastutik, K. & Madlazim, M. 2014. Pengembangan Alat Praktikum Gelombang Stasioner Untuk Melatih Keterampilan Proses Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (ISSN. 2302-4496). Vol. 03, No. 02: 201-207.

Santri, D. A. et al. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Alat Praktikum Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (ISSN 2338-3240). Vol. 4 No. 4: 9-11.

Author Biographies

Maulida Turrahmah, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram, Indonesia

Susilawati Susilawati, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia

Muh Makhrus, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).