Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi IPA Siswa SMP

Authors

Rusmia Dewi , I Putu Artayasa , Muhamad Yamin

DOI:

10.29303/jpm.v15i3.1658

Published:

2020-06-14

Issue:

Vol. 15 No. 3 (2020): Juni

Keywords:

IPA, kebiasaan belajar, hasil belajar IPA SMP

Articles

Downloads

How to Cite

Dewi, R., Artayasa, I. P., & Yamin, M. (2020). Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi IPA Siswa SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 288–292. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1658

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dapat merupakan kontribusi dari bagaimana cara siswa mempersiapkan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kontribusi darià kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian merupakan kuantitatif ex-post facto dengan subyek penelitian siswa kelas VII di SMPN 16 Mataram. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik Random Sampling, dengan cara undian dan berdasarkan pedoman Isaac dan Michael dari jumlah populasi 113 siswa, diperoleh sampel sebanyak 84 siswa. Data penelitian berupa skor kebiasaan belajar dan hasil tes siswa. Data kebiasaan belajar diperoleh melalui penyebaran angket. Data di analisis dengan korelasi Product Moment Pearson dan dilanjutkan dengan menghitung koefisien korelasi untuk menunjukkan besarnya kontribusi kebeiasaan belajar terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan hasil belajar dan kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA siswa sebesar 40,56%.

Kata Kunci: IPA; kebiasaan belajar; hasil belajar IPA SMP

References

Retnowati, F. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(3), 197-205.

Auron, d. (2006). Hubungan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa dengan Hasil Belajar Di SMA Negeri 2 Ciputat. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultaas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Jakarta: Universitas Islam Negeri.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahayu, M. M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary Education, 4(1), 39-45.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Richie. (2019). Mobile Statistik, Research and Consulting, diaskes dari http//:www.mobileestatic.com.

Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayati, A. K. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Piyungan. BASIC EDUCATION, 5(30), 2-895.

Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1).

Mulyatiningsih, R. (2004). Bimbingan Pribadi-Sosial, Belajar, dan Karier. Jakarta: Gramedia

Suparno, A.Suhaenah. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sakaroni. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Mataram.

Hadiprayitno, G., & Khair, B. N. (2018). Pemantapan Kemampuan Mengajar Berbasis Lesson Study Di Program Magister Pendidikan Ipa Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 68-75.

Wulaningsih, W. (2012). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa Kelas Xi Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(3).

Yulianti, R., Muntari, M., & Haris, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) dengan pendekatan brain-based learning terhadap hasil belajar kimia materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur pada siswa kelas x sman 1 kediri. Jurnal pijar MIPA, 10(1).

Author Biographies

Rusmia Dewi, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Mataram University

I Putu Artayasa, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Mataram University

Muhamad Yamin, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Mataram University

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).