Pembelajaran Daring Kombinasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak

Nani Kurniati, Sripatmi Sripatmi, Baidowi Baidowi, Syahrul Azmi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran daring kombinasi untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah aljabar abstrak program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram. Pembelajaran daring kombinasi adalah model pembelajaran yang  memadukan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran dalam jaringan atau yang dikenal dengan e-learning. Dalam pelaksanaannya pembelajaran daring kombinasi ini terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram yang sedang memprogramkan matakuliah aljabar abstrak. Subyek penelitian sebanyak 2 kelas dengan jumlah mahasiswa 32orang. Hasil yang diperoleh adalah bahwa penerapan pembelajaran daring kombinasi pada matakuliah aljabar abstrak meliputi 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Nilai akhir yang diperoleh mahasiswa pada matakuliah aljabar abstrak digunakan sebagai data hasil belajar. Hasil belajar yang diperoleh adalah 71 untuk rata-rata nilai kelas B dan 62 untuk kelas D secara keseluruhan rata-rata nilai yang diperoleh mahasiswa sebagai subyek dalam penelitian ini adalah 67,3. Jika ditinjau dari tingkat kelulusannya jumlah mahasiswa yang lulus dengan nilai minimal 56 atau C adalah sebanyak 30 orang mahasiswa atau 93,75 %.

Keywords

Pembelajaran daring kombiasi, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References

Aisyah. (2007). Pengembangan Pembelajaran matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hendrayana, & Rosnenty. (2014). Motivasi Belajar, KemandirianrBelajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi Di UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jaraj Jauh , 81-87.

Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis) , 1-14.

Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rimbun, & heryanto. (2017). Penerapan Pembelajaran daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. E-Journal UNESA , 203-216.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring Ditengah Wabah Covid-19. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 214-224.

Sulisworo, D., & Agustin, S. (2017). Dampak Pembelajaran E-learning Terhadap Motivasi pada pelajaran Fisika Di Sekolah kejuruan. Berkala Fisika Indonesia .

Sumantri A, d. (2020). Booklet Pembelajaran daring. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi , 234-249.

Utami, Y., & cahyono, D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) , 20-26.

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek , 143-152.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.