Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP

Authors

Baiq Fitri Raudatul Hikmah , I Putu Artayasa , Dewa Ayu Citra Rasmi

DOI:

10.29303/jpm.v16i3.2550

Published:

2021-06-02

Issue:

Vol. 16 No. 3 (2021): Juni 2021

Keywords:

LKPD, Keterampilan proses sains, inkuiri terbimbing

Articles

Downloads

How to Cite

Hikmah, B. F. R., Artayasa, I. P., & Rasmi, D. A. C. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 345–352. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2550

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitianà inià bertujuanà untukà (1)à menghasilkanà perangkatà pembelajaranà berupaà Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan proses sains dalam model inkuiri terbimbing materiàà strukturàà danàà fungsiàà jaringanàà tumbuhanàà yangàà layakàà diterapkanàà sebagaiàà perangkat pembelajaranà tambahanàà berdasarkanà penilaianà validatorà (2)àà Menghasilkanàà LKPDà berbasis keterampilanà prosesà sainsà dalamà modelà inkuirià terbimbingà padaà materià strukturà danà fungsi jaringan tumbuhan yang dapat diterapkan sebagai perangkat pembelajaran tambahan berdasarkan tanggapan peserta didik Penelitian iniàà dilakukan di SMPN 3 Mataram dan SMPN 7 Mataram. Prosedur pengembangan perangkat mengikuti model pengembangan 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tehnik pngumpulan data dilakukan meggunakan angket untuk penilaianà ahlià danà responà pesertaà didik.à Hasilààà penelitianà ahlià menunjukkanà Skorà penilaian terhadapà LKPDà sebesarà 81,48%à danà termasukà dalamà kriteriaà sangatà layak.à Ujià cobaà terbatas LKPDà padaà pesertaà didikà kelasà VIIIà menunjukkanà skorà 77,37%à danà termasukà dalamà kategori dapat diterapkan.

References

Anam, R.S. 2014. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sumedang. Prosiding Konfrensi Pendidikan Dasar SPs UPI 2014. 5 (2): 274-282.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Domopoli, I., Yohanita, A.M., Nurhidaya, N., & Murtijani, M. 2018. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Jurnal Bioedukatika. 6 (1): 22-30.

Firdaus, M., & Wilujeng, I. 2018. Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA. 4 (1): 26-40.

Hanim, F., Dwi, R., & Fauziyah, S. 2018. Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri 164330 Tebingtinggi. Junral Tematik. 7(1): 107ââ¬â115.

Hikmah, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Islami, M., Khaeruddin., & Aziz, A. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI SMAN 8 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 15 (2): 39-49.

Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung. Jurnal Tadris Biologi. 8(1): 91ââ¬â104.

Rahayu ,A ,H & Poppy, A (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar. 5(2): 22ââ¬â33.

Said, N. J., Patandean, A. J., & Rusli, M. A., (2017) Peran Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Peserta Dididk Kelas X SMA Negeri 2 Polewali. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 13 (3): 225-262.

Sari, D. P., Caswita., & Bharata, H. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 5 (11): 1-13.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, G., Harjono, A., & Kusdiastuti, M. (2019). Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri dipadu Advance Organizer (AO) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 1-6.

Sukarno., Permasari. A., & Hamidah. I. 2013. The Profile of Science Process Skills (SPS) Students at Secondary High School (Case Study in Jambi). International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER). 1(1): 2347-3878.

Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49-54.

Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 214-218.

Chandrai, M. A., Hakim, A., & Junaidi, E. (2015). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Koloid Siswa Kelas Xi Sman 2 Mataram Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pijar Mipa, 10(1).

Author Biographies

Baiq Fitri Raudatul Hikmah

Biology Education

I Putu Artayasa, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mataram

Dewa Ayu Citra Rasmi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).