Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP
DOI:
10.29303/jpm.v16i3.2550Published:
2021-06-02Issue:
Vol. 16 No. 3 (2021): Juni 2021Keywords:
LKPD, Keterampilan proses sains, inkuiri terbimbingArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
PenelitianÃÂ iniÃÂ bertujuanÃÂ untukÃÂ (1)ÃÂ menghasilkanÃÂ perangkatÃÂ pembelajaranÃÂ berupaÃÂ Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan proses sains dalam model inkuiri terbimbing materiÃÂ ÃÂ strukturÃÂ ÃÂ danÃÂ ÃÂ fungsiÃÂ ÃÂ jaringanÃÂ ÃÂ tumbuhanÃÂ ÃÂ yangÃÂ ÃÂ layakÃÂ ÃÂ diterapkanÃÂ ÃÂ sebagaiÃÂ ÃÂ perangkat pembelajaranÃÂ tambahanÃÂ ÃÂ berdasarkanÃÂ penilaianÃÂ validatorÃÂ (2)ÃÂ ÃÂ MenghasilkanÃÂ ÃÂ LKPDÃÂ berbasis keterampilanÃÂ prosesÃÂ sainsÃÂ dalamÃÂ modelÃÂ inkuiriÃÂ terbimbingÃÂ padaÃÂ materiÃÂ strukturÃÂ danÃÂ fungsi jaringan tumbuhan yang dapat diterapkan sebagai perangkat pembelajaran tambahan berdasarkan tanggapan peserta didik Penelitian iniÃÂ ÃÂ dilakukan di SMPN 3 Mataram dan SMPN 7 Mataram. Prosedur pengembangan perangkat mengikuti model pengembangan 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tehnik pngumpulan data dilakukan meggunakan angket untuk penilaianÃÂ ahliÃÂ danÃÂ responÃÂ pesertaÃÂ didik.ÃÂ HasilÃÂ ÃÂ ÃÂ penelitianÃÂ ahliÃÂ menunjukkanÃÂ SkorÃÂ penilaian terhadapÃÂ LKPDÃÂ sebesarÃÂ 81,48%ÃÂ danÃÂ termasukÃÂ dalamÃÂ kriteriaÃÂ sangatÃÂ layak.ÃÂ UjiÃÂ cobaÃÂ terbatas LKPDÃÂ padaÃÂ pesertaÃÂ didikÃÂ kelasÃÂ VIIIÃÂ menunjukkanÃÂ skorÃÂ 77,37%ÃÂ danÃÂ termasukÃÂ dalamÃÂ kategori dapat diterapkan.References
Anam, R.S. 2014. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sumedang. Prosiding Konfrensi Pendidikan Dasar SPs UPI 2014. 5 (2): 274-282.
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Domopoli, I., Yohanita, A.M., Nurhidaya, N., & Murtijani, M. 2018. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Jurnal Bioedukatika. 6 (1): 22-30.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. 2018. Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA. 4 (1): 26-40.
Hanim, F., Dwi, R., & Fauziyah, S. 2018. Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri 164330 Tebingtinggi. Junral Tematik. 7(1): 107ââ¬â115.
Hikmah, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Islami, M., Khaeruddin., & Aziz, A. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI SMAN 8 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 15 (2): 39-49.
Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung. Jurnal Tadris Biologi. 8(1): 91ââ¬â104.
Rahayu ,A ,H & Poppy, A (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar. 5(2): 22ââ¬â33.
Said, N. J., Patandean, A. J., & Rusli, M. A., (2017) Peran Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Peserta Dididk Kelas X SMA Negeri 2 Polewali. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 13 (3): 225-262.
Sari, D. P., Caswita., & Bharata, H. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 5 (11): 1-13.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, G., Harjono, A., & Kusdiastuti, M. (2019). Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri dipadu Advance Organizer (AO) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 1-6.
Sukarno., Permasari. A., & Hamidah. I. 2013. The Profile of Science Process Skills (SPS) Students at Secondary High School (Case Study in Jambi). International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER). 1(1): 2347-3878.
Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49-54.
Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 214-218.
Chandrai, M. A., Hakim, A., & Junaidi, E. (2015). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Koloid Siswa Kelas Xi Sman 2 Mataram Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pijar Mipa, 10(1).
Author Biographies
Baiq Fitri Raudatul Hikmah
I Putu Artayasa, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
Dewa Ayu Citra Rasmi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).