Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP

Baiq Fitri Raudatul Hikmah, I Putu Artayasa, Dewa Ayu Citra Rasmi

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1)  menghasilkan  perangkat  pembelajaran  berupa  Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan proses sains dalam model inkuiri terbimbing materi   struktur   dan   fungsi   jaringan   tumbuhan   yang   layak   diterapkan   sebagai   perangkat pembelajaran  tambahan   berdasarkan  penilaian  validator  (2)   Menghasilkan   LKPD  berbasis keterampilan  proses  sains  dalam  model  inkuiri  terbimbing  pada  materi  struktur  dan  fungsi jaringan tumbuhan yang dapat diterapkan sebagai perangkat pembelajaran tambahan berdasarkan tanggapan peserta didik Penelitian ini   dilakukan di SMPN 3 Mataram dan SMPN 7 Mataram. Prosedur pengembangan perangkat mengikuti model pengembangan 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tehnik pngumpulan data dilakukan meggunakan angket untuk penilaian  ahli  dan  respon  peserta  didik.  Hasil    penelitian  ahli  menunjukkan  Skor  penilaian terhadap  LKPD  sebesar  81,48%  dan  termasuk  dalam  kriteria  sangat  layak.  Uji  coba  terbatas LKPD  pada  peserta  didik  kelas  VIII  menunjukkan  skor  77,37%  dan  termasuk  dalam  kategori dapat diterapkan.

Keywords

LKPD, Keterampilan proses sains, inkuiri terbimbing

Full Text:

PDF

References

Anam, R.S. 2014. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sumedang. Prosiding Konfrensi Pendidikan Dasar SPs UPI 2014. 5 (2): 274-282.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Domopoli, I., Yohanita, A.M., Nurhidaya, N., & Murtijani, M. 2018. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Jurnal Bioedukatika. 6 (1): 22-30.

Firdaus, M., & Wilujeng, I. 2018. Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA. 4 (1): 26-40.

Hanim, F., Dwi, R., & Fauziyah, S. 2018. Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri 164330 Tebingtinggi. Junral Tematik. 7(1): 107–115.

Hikmah, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Islami, M., Khaeruddin., & Aziz, A. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI SMAN 8 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 15 (2): 39-49.

Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung. Jurnal Tadris Biologi. 8(1): 91–104.

Rahayu ,A ,H & Poppy, A (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar. 5(2): 22–33.

Said, N. J., Patandean, A. J., & Rusli, M. A., (2017) Peran Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Peserta Dididk Kelas X SMA Negeri 2 Polewali. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 13 (3): 225-262.

Sari, D. P., Caswita., & Bharata, H. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 5 (11): 1-13.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, G., Harjono, A., & Kusdiastuti, M. (2019). Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri dipadu Advance Organizer (AO) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 1-6.

Sukarno., Permasari. A., & Hamidah. I. 2013. The Profile of Science Process Skills (SPS) Students at Secondary High School (Case Study in Jambi). International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER). 1(1): 2347-3878.

Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49-54.

Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 214-218.

Chandrai, M. A., Hakim, A., & Junaidi, E. (2015). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Koloid Siswa Kelas Xi Sman 2 Mataram Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pijar Mipa, 10(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.