PENGEMBANGAN MODUL FISIKA MATERI OPTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS FENOMENA ALAM UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA

Authors

Muhammad Auliya , Kosim Kosim

DOI:

10.29303/jpm.v12i2.344

Published:

2017-10-20

Issue:

Vol. 12 No. 2 (2017): September

Articles

Downloads

How to Cite

Auliya, M., & Kosim, K. (2017). PENGEMBANGAN MODUL FISIKA MATERI OPTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS FENOMENA ALAM UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 71–80. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i2.344

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pengembangan modul fisika materi optik, mengetahui kelayakan modul fisika materi optik, dan mengetahui efektifitas penggunaan modul fisika materi optik dengan pendekatan saintifik berbasis fenomena alam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi dari model 4-D. Produk awal dikembangkan melalui suatu uji validasi oleh tiga ahli yang hasilnya kemudian diuji coba skala terbatas, direvisi dan diuji skala luas sehingga pada akhirnya ditemukan suatu produk akhir yang layak digunakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Bima dengan menggunakan 10 siswa kelas X1 sebagai sampel uji coba terbatas dan seluruh siswa kelas X2 sebagai subyek penelitian dan dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil uji kelayakan modul oleh dosen ahli diperoleh rata-rata 90,75% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji lapagan diperoleh tanggapan siswa 89,53% dan tanggapan guru 90% serta observasi saintifik siswa oleh pengamat sebesar 90,76% dengan tingkat ketuntasan klasikal siswa 100% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,50, sehingga modul fisika materi optik berbasis fenomena alam dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan memenuhi kriteria standar penilaian bahan ajar dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Bima.

à

Kata Kunci: Modul Fisika Materi Optik, Pendekatan Saintifik, Efektivitas Belajar

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).