Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Mataram Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses
DOI:
10.29303/jpft.v5i1.1135Diterbitkan:
2019-06-30Terbitan:
Vol 5 No 1 (2019): Januari - JuniKata Kunci:
Process Skill Teaching, Teaching Quality.Articles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
This collaborative action research which was aimed to improve the quality of physics teaching through the implementation curriculum of 2004 in teaching scenario which oriented for process skill. This action research was conducted to the second year students of The State Senior High School 2 Mataram, by involving two teachers for giving the treatmen. The data needed such as observation result of teaching inthe class and the student response were collected by observation format of teaching in the class and questionnare. By using quantitative and qualitative analysis, it was found that 1) the implementation of process skill teaching can quality improvement of physic teaching in The State Senior High School 2 Mataram, 2) student's response for implementation of process skill teaching is good, 3) the student's opinion toward implementation of process skill teaching is quantitatively positive. Based on this result, it is recommended that physic teacher implement process skill teaching of teaching continuosly in order to improve student's achievement.
Referensi
Azizirrahim, E., Sutrio, S., & Gunawan, G. 2017. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika pada Siswa Kelas VIIA SMPN 8 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(4), 272-275.
Dahar, W.M. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. 2017. Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Hikmawati, H., Kusmiyati, K., & Sutrio, S. 2019. Penerapan Lembar Kerja Eksperimen Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 167-172.
Huda. M. 2013. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Falsalah. Surabaya: University Press.
Irawan. P. 1997, Teori Belajar. PAU-PPAI. Jakarta. Universitas Terbuka.
Klinger. W. 1997. Survei Metode Pengajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Erziehungswiss, Fakultat der Universtat, Erlangen-Nurnbe
Nur, M. 1988. Keterampilan Proses dan Proses Belajar Mengajar pada Teknologi Kejuruan. Laporan Penelitian. IKIP Surabaya.
Ramdhani, A. 2005. Optimalisasi Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan Kit IPA di SMP N 6 Mataram, Unram Press, Mataram
Santyasa, 1997. Pembelajaran Modul dengan Metode Demontrasi dah Analogi Sebagai Strategi Pengubah Miskonsepsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA. Laporan Penelitian. STKIP Singaraja.
Subrata, 2000. Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Siswa SD melalui Pembelajaran IPA dengan Keterampilan Proses. Laporan Penelitian. STKIP Singaraja.
Suwandari, P. K., Taufik, M., & Rahayu, S. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 82-89.
Tuada, R. N., Gunawan, G., & Susilawati, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Teknik Guided Teaching Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 128-136.
Venisari, R., Gunawan, G., & Sutrio, S. 2017. Penerapan Metode Mind Mapping pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 193-199.
Biografi Penulis
Syahrial Ayub, Universitas Mataram
I Wayan Gunada, Universitas Mataram
Gusti Afifah, SMAN 2 Mataram
Lisensi
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).