Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA

Penulis

Nurbaiti Nurbaiti , Kosim Kosim , Muhammad Taufik

DOI:

10.29303/jpft.v6i1.1456

Diterbitkan:

2020-06-14

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2020): Januari-Juni

Kata Kunci:

Predict-Observe-Explain (POE), virtual simulations, mastery of concepts

Articles

Cara Mengutip

Nurbaiti, N., Kosim, K., & Taufik, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(1), 146–152. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1456

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect of Predict-Observe-Explain (POE) learning models assisted by virtual simulations on the mastery of physics concepts in high school students. This type of research is a quasi-experimental with non-equivalent control group design. The population was all students of class X MIA MAN 2 Central Lombok, amount to 47 students with a sampling technique using saturated sample techniques,hence the sample used in this study was class X MIA-1 as an experimental group of 24 students and class X MIA- 2 as a control group of 23 students. Before being treated, both samples were given a preliminary test to determine their initial abilities. Based on homogeneity test results, both samples have the same initial ability. In the final test, obtained an average score of mastery of concepts from the experimental class of 66 with the highest score of 85 and an average score of the control class of 55 with the highest score of 75. The research hypothesis was tested with the t-polled variance test with a significance level of 5%, and the results obtained t_count = 3.63, while t_table = 2.02. Based on these results, it means that t_count is greater than t_table, so Ho is rejected. Thus, the conclusion is the Predict-Observe-Explain (POE) learning model assisted by virtual simulations has an influence on the mastery of physics concepts in high school students.

Referensi

Arianti, B., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 159-163.

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30-39.

Gunawan. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Hermansyah., Gunawan., & Herayanti, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 1, No. 2: 3.

Jauhari, T., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 7-12.

Lidiana, H., Gunawan., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 33-39.

Samudera, V. M., Rokhmat, J., & Wahyudi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 101-108.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. SJ. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Gejayan Yogyakarta: USD.

Warsono & Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching Physics Using PhET Simulations. The Physics Teacher, 48(4), 225ââ¬â227.

Biografi Penulis

Nurbaiti Nurbaiti, Universitas Mataram

Kosim Kosim, Universitas Mataram

Muhammad Taufik, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.