Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X

Penulis

Ahmad Saifi Hasbiyalloh , Ahmad Harjono , Ni Nyoman Sri Putu Verawati

DOI:

10.29303/jpft.v3i2.397

Diterbitkan:

2017-12-16

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2017): Juli - Desember

Kata Kunci:

Expository learning, learning outcome, scaffolding, advance organizer

Articles

Cara Mengutip

Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N. N. S. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(2), 173–180. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.397

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aimed to examine the effect of expository learning model scaffolding assisted and advance organizer toward physics learning outcome the students of class X. This is a quasi experiment with pretest-postest control group design. The population of this research is all students of class X IPA SMAN 4 Mataram. The sampling technique used is purposive sampling. There are two samples taken that is sample as a class given treatment in the form of learning using scaffolding expository aided learning model (class X IPA 1) and classes treated using expository learning model assisted advance organizer (class X IPA 2). The data of learning outcome is obtained by using the multiple-choice test of 25 questions. After hypothesis testing using statistical test (t-test separated varian). The first hypothesis testing showed that tcount > ttable which means that Ho1 is rejected and Ha1 is accepted. The second hypothesis testing showed that, tcount > ttable which means that Ho2 is rejected and Ha2 is accepted. Based on the hypothesis test, it can be concluded that there is effect of expository learning model with scaffolding and advance organizer to the physics learning outcome of students.

Referensi

Atriyanto, B & Sulistyo, E. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Diklat Memperbaiki Compact Cassete Recorder Kelas XI TAV di Sma Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3(2), 09-13.

Ausubel, D.P. 1968. Educational Psychology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2), 119-127.

Harjono, A. 2012. Perbedaan Strategi Pembelajaran dan Pemberian Advance Organizer Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas X. Jurnal Pijar MIPA. 7(1), 13-17.

Haryadi, A. & Achmadi, H.R. 2013. Pengembangan Materi Ajar Berbasis Scaffolding pada Pokok Bahasan Analisis Vektor di SMAN 1 Waru Pamakasan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2(3), 174-179.

Luritawaty, Irena P., & Nuraeni, R. 2015. Model Advance Organizer dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 6 (1), 13-19.

Nabila, F.M., Gani, A., & Habibati. 2016. Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Ketuntasan Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Sub Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. 2(2), 127-135.

Nopiani, R., Harjono, A., & Hikmawati. 2017 Pegaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Lingsar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2), 137-145.

Rahmatiah, R., & Kusairi, S. 2017. Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA dengan Pengetahuan Awal Berbeda. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2), 45-54.

Rusminingsih, P. 2015. Penerapan Metode Ekspositori Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Kolaborasi. 1(9), 877-885.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamesia Grup.

Septriani, N., Irwan & Meira. 2014. Pengaruh Pendekatan Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(3), 17-21.

Sinulingga, K, & Munte, D. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Pada Materi Pokok Besaran dan Satuan di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(2), 1-6.

Sungkawan, R, & Motlan. 2013. Analisis Penguasaan Konsep Awal Fisika Pada Pembelajaran Menggunakan Model Advance Organizer Berbasis Eksperimen Terhadap Hasal Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 2(2), 73-80.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.