Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018

Penulis

Putri Kurnia Suwandari , Muhammad Taufik , Satutik Rahayu

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.541

Diterbitkan:

2018-05-28

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

guided inquiry, mastery of concept, science process skills

Articles

Cara Mengutip

Suwandari, P. K., Taufik, M., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 82–89. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.541

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research is aimed to examine the effect of guided inquiry learning model toward physics studentsââ¬â¢ concept mastery and science process skills at class XI of MAN 2 Mataram in academic year 2017/2018. This is experiment research with posttest-only control group design. The Population of this research is all students of class XI MIA MAN 2 Mataram. The sampling technique used is purposive and cluster random sampling, which is the students of class XI MIA 5 as experiment and XI MIA 4 as control group. The experiment group was treated with guided inquiry learning model while the control group was treated with conventional learning. Technique of collectig data of the mastery concept using essay test 8 question, the skills of science process using non-test instruments in the form of observation sheets. The hypothesis was tested using manova based SPSS 16.0. The result of manova test showed that there was an effect of guided inquiry learning model toward mastery of concept and skill of science process.

Referensi

Budiyono, A & Hartini. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. 4(2), 141-149.

Doyan, A. & Sukmantara. I.K.Y. 2014. Pengembangan WEB Intranet Fisika untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10(2), 117-127.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Hariyadi, D., Ibrohim & Rahayu, S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kopang Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(8), 1567-1574.

Hikmawati, N., Sutrio & Hikmawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembekalan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1), 92-100.

Nisrina, N., Gunawan., & Harjono, A. 2016. Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2), 66-72.

Sabahiyah, Marhaeni, A.A.I.N & Suastra, I.W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V Gugus 03 Wanasaba Lombok Timur. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3, 1-7.

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Silaban. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Dan Kreativitas Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 20(1), 65-75.

Suranti, N.M.Y., Gunawan, & Sahidu, H. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2), 73-79.

Susilawati, Susilawati & Sridana, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram. 3(1), 23-36.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Wulanningsih, S., Prayitno, B.A., & Probosar, R.M. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing TerhadapKeterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. 4(2), 33-43.

Yeritia, S., Wahyudi & Rahayu, S. 2017. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidika

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.