Metode Latihan Berstruktur dan Belajar Kooperatif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Listrik Magnet Calon Guru Fisika

Sutrio Sutrio, Ahmad Harjono, Hairunnisyah Sahidu, Satutik Rahayu

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Listrik Magnet. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram semester Gasal Tahun Akademik 2015/2016 yang memprogram matakuliah Listrik Magnet sebanyak 26 orang. Sedangkan sebagai obyeknya adalah aktivitas belajar mahasiswadan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang dalam setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi.  Hasil penelitian ini hasil belajar  mahasiswa untuk tiap siklus jumlah mahasiswa yang telah mencapai nilai ³ 65  masing-masing untuk siklus I 54 %, siklus II 69%, dan siklus III 84 %. Jadi dari hasil ini menunjukkan penggunaan metode latihan berstrukutur dan belajar kooperatif dapat meningkatkan penguasaan konsep Listrik Magnet mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP UNRAM

Keywords

metode latihan berstruktur, belajar kooperatif, hasil belajar Listrik Magnet

Full Text:

PDF

References

Asiala, Mark et al. 200. A Framework for Research and Curriculum Development in Undergraduate Mathematics Education Research II, CBMS Isues in Mathematics Education. Ohaio.

Sukip, Burhanuddin, dan Muntari. 2003. Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam belajar Kimia Larutan Melalui Metode Latihan Berstruktur yang dimodifikasi Pada Matakuliah Kimia Dasar. Laporan Penelitian. Lemlit. Unram

Sutrio, Rahadi W, dan Syahrial A. 2004. Studi Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep-konsep Fisika Modern Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unram. Laporan Penlitian. Lemlit. Unram

Sutrisno dan tan Ik Gie. 1982. Fisika Dasar. Listrik.Magnet. Termofisika. Bandung: Penerbit ITB

Rusmansyah dan Irhasyuarna, Y. 2002. Penerapan Metode Latihan Berstruktur dalam meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Reaksi Kimia. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, No. 35, Tahun ke-8.

Nur, M., Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Ismono. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press-UNESA.

Cooper, M.M. 1995. Cooperatif Learning. Journal of Chemical Education. 72(2). 162 – 164.

Purwanto. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Jhonson, D.W., Jhonson, R.T, and Smith, K.A. 2001. Cooperatif Learneing: Increasing College Faculty Instructional Productivity. ASHE-ERIC Higher Education Report. No. 4 Washington DC : School of Education and Human Development. George Washington University.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.