MEDIA DEMONSTRASI KIMIA YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MAHASISWA PADA TOPIK SEL ELEKTROKIMIA

Muti’ah Muti’ah, Jackson Siahaan, Sukib Sukib

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki penerapan media demonstrasi kimia yang dimodifikasi untuk mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada topik sel elektrokimia. Penelitian dilaksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang dilaksanakan  selama 2 siklus, yaitu siklus I menggunakan metode konvensional dan siklus II media demonstrasi kimia yang dimodifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi mahasiswa pada topik sel elektrokimia terkait dengan konsep transfer elektron, pembawa muatan listrik dalam rangkaian luar/kawat penghantar, mekanisme aliran listrik dalam larutan elektrolit dan jembatan garam, serta mekanisme aliran elektron maupun aliran listrik dalam sel galvani. Penerapan media demonstrasi kimia yang dimodifikasi dapat meningkatkan pemahaman konsep. Hal ini terbukti adanya peningkatan persentase mahasiswa yang mampu memperbaiki miskonsepsi, yaitu: transfer elektron 15%, pembawa muatan listrik dalam rangkaian luar/kawat penghantar 34%, mekanisme aliran listrik dalam larutan elektrolit dan jembatan garam 20%, mekanisme aliran elektron maupun rangkaian aliran listrik dalam sel galvani 25% dan 18%

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media demosntrasi kimia yang dimodifikasi dapat mengatasi miskonsepsi karena merupakan cara pembelajaran yang dapat menyajikan fenomena kimia pada tingkat makroskopis, submikroskopis dan simbolik.

 

 Kata kunci: demonstrasi kimia dimodifikasi, miskonsepsi, sel elektrokimia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.