Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Hidrokarbon Siswa Kelas XI IPA MAN Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

Shofiatun Nauri , Dwi Laksmiwati , Muti’ah Muti’ah

DOI:

10.29303/cep.v2i1.1147

Published:

2019-05-24

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2019): Mei

Articles

Downloads

How to Cite

Nauri, S., Laksmiwati, D., & Muti’ah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Hidrokarbon Siswa Kelas XI IPA MAN Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Chemistry Education Practice, 2(1), 37–40. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1147

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruhàmodel pembelajaranàConceptualàUnderstanding Proceduresà(CUPs)àterhadap hasil belajar kimiaàmateri hidrokarbonàsiswaàkelasàXIIPA MANàLombok Barat.àJenis penelitian eksperimenàyang digunakanàadalah eksperimenàsemuà(quasyexperiment)àdengan rancanganàpretest-posttest control group design.àPopulasi penelitianàseluruhàsiswa kelasXI IPA MAN LombokàBaratàyangàterdiri dari dua kelas, denganàjumlahàtotalsiswa 53 orang.àTeknik pengambilan sampelàyang digunakanàadalahàsamplingàjenuh.àSampel pada penelitianàiniàadalahàkelas XI IPA 1àsebagai kelas eksperimen dan kelas XIàIPA 2àsebagai kelas kontrol.àPada kelas eksperimen diterapkanàmodel pembelajaranàConceptualàUnderstanding Proceduresà(CUPs) dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional.àUji hipotesis pada penelitianàiniàmenggunakan uji-t.àHasil ujiàstatistik diperolehàt-hitung=2,89>t-tabelà =1,684àyang berartiàHaàditerima.àBerdasarkan hasilàtersebutàmakaàdapat disimpulkan bahwaàpenerapan modelàpembelajaranàConceptualàUnderstanding Proceduresà(CUPs) memberikan pengaruhàyangàlebih baik pada hasil belajar kimiaàmateri hidrokarbonàsiswa kelas XI IPA MANàLombok Barat.

References

Ismawati, F. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Curiosity Siswa Pada Pelajaran Fisika. Skripsi. Semarang : FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Kurniawan, F. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep, Keterampilan Mempredikksi Dan Keterampilan Menjelaskan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dalam Pembelajaran Gerak Lurus Berubah Beraturan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Prambanan. Skripsi . Yogyakarta: FKIP Universitas Santa Dharma.

Kurniawati, E. 2013. Pengaruh Penerapan Modifikasi ConseptualUnderstanding Procedures (M-CUPs) Terhadap Peningkatan KemampuanKomunikasi Matematika Siswa SMP. Skripsi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mahmudah, S., Sukib, S., & Hakim, A. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Trimiristin Dari Pala. Chemistry Education Practice, 1(1), 20-25.

Musbhirah, Q. U., Muntari, M., & Al Idrus, S. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning dengan Media Kartu Aksi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 1(1), 26-33.

Mulhall, P., dan McKittrick, B. 2011. Using Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) in The Teaching of Motion. Tersedia di www.education.monash.edu.au/research/groups/smte/projects/cups/. Diaskes 16 Januari 2019.

Rahmawati, F.D.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Pemahaman Prosedur Matematika Kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Tulungaguung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Tulungagung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Media Kartu Mol Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Narmada Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Departemen Pendidikan Nasional.

Author Biographies

Shofiatun Nauri, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Dwi Laksmiwati, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Muti’ah Muti’ah, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)