Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Hidrokarbon Siswa Kelas XI IPA MAN Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
10.29303/cep.v2i1.1147Published:
2019-05-24Issue:
Vol. 2 No. 1 (2019): MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruhÃÂ model pembelajaranÃÂ ConceptualÃÂ Understanding ProceduresÃÂ (CUPs)ÃÂ terhadap hasil belajar kimiaÃÂ materi hidrokarbonÃÂ siswaÃÂ kelasÃÂ XIIPA MANÃÂ Lombok Barat.ÃÂ Jenis penelitian eksperimenÃÂ yang digunakanÃÂ adalah eksperimenÃÂ semuÃÂ (quasyexperiment)ÃÂ dengan rancanganÃÂ pretest-posttest control group design.ÃÂ Populasi penelitianÃÂ seluruhÃÂ siswa kelasXI IPA MAN LombokÃÂ BaratÃÂ yangÃÂ terdiri dari dua kelas, denganÃÂ jumlahÃÂ totalsiswa 53 orang.ÃÂ Teknik pengambilan sampelÃÂ yang digunakanÃÂ adalahÃÂ samplingÃÂ jenuh.ÃÂ Sampel pada penelitianÃÂ iniÃÂ adalahÃÂ kelas XI IPA 1ÃÂ sebagai kelas eksperimen dan kelas XIÃÂ IPA 2ÃÂ sebagai kelas kontrol.ÃÂ Pada kelas eksperimen diterapkanÃÂ model pembelajaranÃÂ ConceptualÃÂ Understanding ProceduresÃÂ (CUPs) dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional.ÃÂ Uji hipotesis pada penelitianÃÂ iniÃÂ menggunakan uji-t.ÃÂ Hasil ujiÃÂ statistik diperolehÃÂ t-hitung=2,89>t-tabelÃÂ =1,684ÃÂ yang berartiÃÂ HaÃÂ diterima.ÃÂ Berdasarkan hasilÃÂ tersebutÃÂ makaÃÂ dapat disimpulkan bahwaÃÂ penerapan modelÃÂ pembelajaranÃÂ ConceptualÃÂ Understanding ProceduresÃÂ (CUPs) memberikan pengaruhÃÂ yangÃÂ lebih baik pada hasil belajar kimiaÃÂ materi hidrokarbonÃÂ siswa kelas XI IPA MANÃÂ Lombok Barat.References
Ismawati, F. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Curiosity Siswa Pada Pelajaran Fisika. Skripsi. Semarang : FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Kurniawan, F. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep, Keterampilan Mempredikksi Dan Keterampilan Menjelaskan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dalam Pembelajaran Gerak Lurus Berubah Beraturan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Prambanan. Skripsi . Yogyakarta: FKIP Universitas Santa Dharma.
Kurniawati, E. 2013. Pengaruh Penerapan Modifikasi ConseptualUnderstanding Procedures (M-CUPs) Terhadap Peningkatan KemampuanKomunikasi Matematika Siswa SMP. Skripsi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mahmudah, S., Sukib, S., & Hakim, A. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Trimiristin Dari Pala. Chemistry Education Practice, 1(1), 20-25.
Musbhirah, Q. U., Muntari, M., & Al Idrus, S. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning dengan Media Kartu Aksi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 1(1), 26-33.
Mulhall, P., dan McKittrick, B. 2011. Using Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) in The Teaching of Motion. Tersedia di www.education.monash.edu.au/research/groups/smte/projects/cups/. Diaskes 16 Januari 2019.
Rahmawati, F.D.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Pemahaman Prosedur Matematika Kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Tulungaguung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Tulungagung.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Media Kartu Mol Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Narmada Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Departemen Pendidikan Nasional.
Author Biographies
Shofiatun Nauri, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Dwi Laksmiwati, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Mutiââ¬â¢ah Mutiââ¬â¢ah, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).