Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Metode Eksperimen
Authors
Leony Sanga Lamsari Purba , St Fatimah Azzahra , Orde BaruDOI:
10.29303/cep.v4i3.2654Published:
2021-11-30Issue:
Vol. 4 No. 3 (2021): NovemberKeywords:
Hasil belajar, Kimia, Metode EksperimenArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
PenelitianÃÂ kuasi exsperiemen ÃÂ ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah prettest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Widya Manggala. Sampel dkelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA2 sebagai kelas kontrolÃÂ diperoleh melalui teknikÃÂ purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, ÃÂ pada kelas eksperimen skor pretes terendah 25 dan skor tertinggi 65 dengan rata-rata 42,2. Sedangkan skor postes di kelas eksperimen terendah 65 dan tertinggi 95 dengan rata-rata 73,12. Hasil hipotesis data pretes dan postes kelasÃÂ eksperimen di dapatkan thitungÃÂ sebesar 8,147 < ttabelÃÂ sebesar 2,131. Pengolahan data menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed)< 0,05 sehingga HaÃÂ diterima dan HoÃÂ ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui metode eksperimen.
References
Al Idrus, S. W., Anwar, Y. A. S., Hakim, A., & Saprizal, S. (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Kimia SMA di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1).
Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Kesetimbangan Kelarutan Kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi Tahun Ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice, 1(2), 27-35.
Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing. In Seminar Nasional Pendidikan Sains V 2015. Sebelas Maret University.
Azzahra, S. F. (2019). Peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa melalui pembelajaran eksperimen pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 4(1), 77-88.
Bahruddin, B. (2018). Dampak Pembelajaran Eksperimen Kimia Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 6(1), 19-40.
Harefa, N. (2018). Hubungan motivasi belajar terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada metode praktikum. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 1(1), 28-38.
Islamiati, N., Rahmawati, R., & Haris, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MS SMAN 1 Kediri Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. Chemistry Education Practice, 3(2), 112-115.
Junita, Y., & Purba, L. S. L. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMAN 92 JAKARTA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 41-54.
Manalu, E., Silaban, S., Silaban, R., & Hutabarat, W. (2016). The development of chemical practice guidebook colloid system-based integrated contextual character values. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 87-89.
Mifran. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Arus Dan Tegangan Listrik Bolak Balik Di Sma Negeri 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol. 1. no.1 (2015) hal. 32-35
Purba, L. S. L. (2018, September). Analisis Minat Belajar Kimia Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur (SPU) Melalui Pemanfaatan Aplikasi Games Atomas pada Android. In Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains XI Tahun 2018.
Purba LSL, (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stay (TS-TS) terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid. Jurnal Pendidikan, Matimatika dan Sains. Vol.1 No 2. Hal 150
Purba, L. S. L. (2014). PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XII SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Sagala, S. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta
Silaban, R., Pasaribu, M., Sitompul, S. M., & Simanullang, T. W. (2016). Inovasi Lembar Kerja Siswa Reaksi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 65-70.
Silaban, S. (2021). Pengembangan program pengajaran. Yayasan Kita Menulis.
Simatupang, N. I. (2017). Penerapan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(2), 318-322.
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, 6(1), 111-120.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta, PT Media Pustaka Mandiri.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika
Widodo, W., & Widayanti, L. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas viia mts negeri donomulyo kulon progo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia UGM, 17(49), 80105.
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).