Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Materi Asam Basa

Authors

Sri Agustini Hidayanti , Burhanuddin Burhanuddin , Jeckson Siahaan , Aliefman Hakim

DOI:

10.29303/cep.v5i2.3158

Published:

2022-11-30

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi November

Keywords:

pengembangan, modul praktikum, problem based learning, materi asam basa

Articles

How to Cite

Hidayanti, S. A., Burhanuddin, B., Siahaan, J., & Hakim, A. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Materi Asam Basa. Chemistry Education Practice, 5(2), 202–207. https://doi.org/10.29303/cep.v5i2.3158

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menentukan validitas dan kepraktisan modul praktikum kimia berbasis problem based learning materi asam basa untuk kelas XI SMAN 1 Praya Timur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model 4D (Define, Design, Development dan Dissemination). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Praya Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1 Praya Timur yang berjumlah 28 peserta didik yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan berada pada kategori valid karena nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,75 dan reliabilitas R = 0,9. Adapun nilai kepraktisan dari modul praktikum yang dikembangkan sebesar 84% yang termasuk kategori sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum berbasis problem based learning materi asam basa yang telah dikembangkan valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

References

Aji, S.R., Huda, M., dan Rismawati, A., 2017. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 1(1), 37-50.

Arimadona, S., 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Integrasi Islam Sains. Jurnal Pendidikan Rokania, 1(2), 89-98.

Danim, S. 2017. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas, 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gazali, F., Yusmaita, E., dan Ningsih, N. 2019. Pengembangan Modul Kimia Berbasis REACT untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan, 3(2), 144-160.

Gustinasari, M., Lufri., dan Ardi, 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 60-73.

Hasanah, F., Mahmud., dan Hikma, R., 2019. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Power Point Materi Stoikiometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ST Conference Sains, 2(1), 280-283.

Khairunnufus, U., Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., dan Siahaan, J., 2018. Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2): 37-40.

Murtafiââ¬â¢ah, W., 2014. 2014. Pengembangan LKS dengan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Life Skills Materi Bangun Ruang. Jurnal LPPM, 2(2), 20-31.

Mustaming, A., Cholik, M., dan Nurlaela, L., 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek, 3(1), 81-95.

Puspita, A., Kurniawan, A., dan Rahayu, H., Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Materi Sistem Imun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 65-71.

Retnawati, H., 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rosmalinda, D., Rusdi, M., dan Hariyadi, B., 2013. Pengembangan Modul Praktikum Kimia SMA berbasis PBL (Edu-Sains, 2(2), 4-7.

Setiyadi, M.W., Ismail., dan Hamsu A.G., 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal of EST, 3(2), 104-112.

Syukri. 1999. Kimia Dasar 1. Bandung: ITB.

Utami, F.V., Saputro, S., dan Susanti, E., 2020. Analisis Jenis dan Tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam Memahami Materi Asam Basa Menggunakan Two Tier Multiple Choice. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 55-59.

Safitri, A., Hakim, A., dan Sofia, B.F., 2020. Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Berbasis Generik Sains: Isolasi Kafein dari Bubuk Kopi. Chemistry Education Practice, 3(1), 2-8.

Sugiyono, 2017b. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunaringtyas, K., Sulistyo, S., dan Masykuri, M., 2015. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA/MA Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Inkuiri, 4(2), 36-45.

Yanti, H., Wahyuni, S., Maryani, H., dan Putra, M., Pengembangan Multimedia Interaktif disertai Drills pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 350-353.

Wahyuramdani, S., Wildan., dan Hadisaputra, S., 2018. Pengaruh Modul Praktikum Berbasis Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan MIPA,1(1), 9-12.

Zakirman dan Hayati, 2017. Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 85-93.

Author Biographies

Sri Agustini Hidayanti, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram

Burhanuddin Burhanuddin, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram

Jeckson Siahaan, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram

Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2022 Sri Agustini Hidayanti, Burhanuddin Burhanuddin, Jeckson Siahaan, Aliefman Hakim

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.