Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa
Authors
rizqya ramadhana , Muchlis MuchlisDOI:
10.29303/cep.v5i2.3379Published:
2022-11-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi NovemberKeywords:
inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, asam basaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa sub bab indikator alami, indikator buatan, dan kekuatan asam basa di SMAN 1 Menganti Gresik. Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterlaksanaan sintaks, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar tes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Hasil penelitian berupa (1) Model pembelajaran inkuiri terbimbing memperoleh rata – rata persentase pada pertemuan 1,2, dan 3 secara berturut – turut yaitu 90%; 94%; dan 96% dengan kriteria setiap pertemuan sangat baik. (2) Peserta didik melakukan aktivitas relevan dalam arti peserta didik telah berlatih keterampilan berpikir kritis dan beraktivitas sesuai dengan sintaks model inkuiri terbimbing dengan pertemuan 1, 2, dan 3 persentasenya secara berturut – turut adalah 86,5%; 91,25%; dan 93,33%. (3) Keterampilan berpikir kritis diperoleh rata – rata N-Gain score untuk inferensi, interpretasi, analisis, dan eksplanasi secara berturut – turut adalah 0,77; 0,90; 0,90; 0,84 dengan kategori tinggi. (4) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata – rata hasil dari pretest ke postest yaitu 30,48 ke 84,76.
References
Ai Salsiah. (2015). Kemampuan Menyusun Hipotesis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(2): 190-201.
Alaluf, Wilda dan Sukarmin. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Bangkalan. Journal of Chemical Education, 7(2): 87-91.
Arends, Richard I. (2013). Belajar Untuk Mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.
Facione, P. A. (2015). Critical Thingking: What It Is and Why It Counts. https://www.researchgate.net/publication/2513 03244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_W hy_It_Counts. diakses pada tanggal 2 Februari 2022.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.
Hani, Ammaria. (2018). Penulisan Metode Ilmiah. Surabaya: Ruang Belajar.
Heinrich, W. F., Habron, G. B., Johnson, H. L., & Goralnik, L. (2015). Critical Thinking Assessment Across Four SustainnabilityRelated Experiental Learning Settings. Journal of Experiential Education, 1: 1-21
Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018. Jakarta: Kemendikbud.
Khortaghen,F.,& Vasalos., A. (2005). Level in reflection as a means to enhance profesional growth. Teacher and teaching: theory and practice, 11(1): 47-71.
Kuhlthau, C., & Ross, J. (2006). Guided Inquiry: A Framework for Learning Through School Librariesin 21 Century School. http:// cllsl.sclls.rutgers.edu/guided_inquiry/char.html diakses pada tanggal 3 Februari 2022.
Kurniawati, L. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sumber Kabupaten Cirebon. EduMa, 4(2): 62-74.
Mukmainah, SA, & Yonata, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan 23 Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi di SMAN 1 Rengel. Jurnal Pendidikan Kimia UNESA, 9(1): 138-149
Novianti, F. D., & Muchlis. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Paidi. (2007). Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmawati, R., Hasan, M., & Gani, A. (2014). Meningkatan Motivasi Dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa Dengan Metoda Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(1), 65-74.
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 114-123.
Suardana, I. N., Redhana, I. W., Sudiatmika, A. A., & Selamat, I. N. (2018). Students' Critical Thinking Skills in Chemistry Learning Using Local Culture-Based 7E Learning Cycle Model. International Journal of Instruction, 11(2), 399-412.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukarmin, Dwiningsih, K., & Azizah, U. (2017). Inovasi Pembelajaran 2. Surabaya: Unesa University Press.
Sunardi. (2016). Strategi Penguatan Pengembangan 4c’s Dalam Pembelajaran Metematika Menyenangkan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 10- 19.
Suprijono. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tyastirin, E., & Hidayati, I. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kesehatan. Surabaya : Program Studi Arsitektur UIN Sunan Ampel.
Utami, B., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., & Widoretno, S. (2017, August). Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry. In International Journal of Science and Applied Science: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 124-130).
Wulandari, S. D. (2015). Teori Belajar Kontruktivis Piaget dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal Of Mathematics and Education, 2(3): 191-198.
Zaini, M. (2014). Menggunakan Lahan Basah Untuk Mengajar Konsep-Konsep Biologi & Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Landasan, Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1): 118-127.
License
Copyright (c) 2022 rizqya ramadhana, Muchlis Muchlis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).