PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK DINI BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
10.29303/jmp.v1i2.2890Published:
2021-08-26Issue:
Vol. 1 No. 2 (2021): AgustusKeywords:
peran orang tua, pandemic Covid-19, pembelajaran daring, Belajar Dari Rumah (BDR).Articles
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah pembelajaran daring menimbulkan adanya penyesuaian yang cuÃÂ kup berat bagi para orang tua dalam membimbing, mendampingi serta mengawasi anak selama proses belajar di rumah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peran orang tua dalam membimbing anak usia 4-5 tahun belajar daring selama masa pandemi Covid-19 diÃÂ Karang Taliwang tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subyek penelitian berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Teknik keabsahan data ditempuh dengan beberapa teknik yang meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap anak dalam membimbing anak usia 4-5 tahun belajar daring selama masa pandemi Covid-19 di Karang Taliwang sangat baik dengan skor persentase rata-rata yang dicapai oleh ke-3 subyek penelitian ialah sebesar 89,28%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam membimbing anak usia 4-5 tahun belajar daring selama masa pandemi Covid-19 di Karang Taliwang tahun 2021 sudah sangat baik, para orang tua bersedia menemani dan membimbing anak selama proses pembelajaran daring, yang mana hal ini sangat berpengaruh bagi keberhasilan belajar anak selama masa pembelajaran.
References
Akbar, K., Hamdi., Lalu K., Fahruddin. 2021. Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan. Vol 7. No.1.
Khalimah, S. N. 2020. Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di MI Darul Ulum Pendurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institusi Agama Islam Negeri Salatiga. Salatiga.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Winingsih, E. 2020. Peran Orang tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. In Poskita. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalam- pembelajaran-jarak-jauh/
Author Biographies
Nur Fatihah Amalia, Universitas Matraam
Fahruddin Fahruddin, Universitas Matraam
Ika Rachmayani, Universitas Matraam
Baik Nilawati Astini, Universitas Matraam
License
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).