Praktikum Mekanisme Listrik Dalam Pembelajaran Fisika SMP oleh Mahasiswa S1 UIN Sultan Syarif Kasim

Penulis

Dandi Inplant Guspandi , Rian Vebrianto

DOI:

10.29303/jpft.v5i2.1263

Diterbitkan:

2019-11-18

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember

Kata Kunci:

Physics, Electrical, Practice

Articles

Cara Mengutip

Guspandi, D. I., & Vebrianto, R. (2019). Praktikum Mekanisme Listrik Dalam Pembelajaran Fisika SMP oleh Mahasiswa S1 UIN Sultan Syarif Kasim. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(2), 235–239. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1263

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The purpose of making this article is to find out the deepening of the material about electrical circuits, the workings of electrical circuits, as between modules with the purpose of the practicum that has been done. This type of research is used by using literature studies and direct practices carried out in the Science Education laboratory room. The subjects used by them are students majoring in semester 2 Science Education University of Sultan Syarif Kasim Riau. The results of the research are the number of students who do not understand about the electricity practices that discuss modules because of the large number of vocabulary that is not understood by students. For this reason, it is necessary to increase the practicum in the future, especially in the module, using language that is easily understood by students and students, and also with a guide who understands what he teaches practicum compilation.

Referensi

Alós, P & Lago, R., 2012. Ebook, An Innovative Tool Towards the Teaching-Learning Process. Huelva: Department of Psychology and Education. University of Huelva (Spain).

Hidayatullah, M., Wiryokusumo, I., Waluji, D.A . 2019. Remidiasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan Ebook Interaktif. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 5(1): 30-39

Gunawan, Harjono, A., Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 1(1): 9-14

Tim Erlangga Fokus UN. 2017. Erlangga Fokus UN 2018 IPA. Jakarta: Penerbit Erlangga

Ramdhani, Mohamad. 2008. Rangkaian Listrik. Jakarta: Penerbit Erlangga

Murdaka Eka Jati, Bambang, Tri Kuntoro Priyambodo. 2010. Fisika Dasar listrik-Magnet, Optika, Fisika Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Andriani, Riza, Niki Dian Permana Putra. Modul Panduan Praktikum Fisika Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Al-Qurââ¬â¢an. Pekanbaru

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.

Wijayanti, Winda, Nengah Maharta, Wayan Suana. 2017. Pengembangan Perangkat Blended Learning berbasis Learning Management System Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni . Vol. 06 (1) 1-12

Junliani, Rita, Fitri Meliana. 2014. Pengaruh Strategu Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Tiopi Listrik Dinamis Kelas IX SMP Swasta Raksana Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 3(1)

Zaus, Mahesi Agni, Rizky Ema Wulansari, Syaiful Islami, Doni Pernanda. 2018. Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis Dan Dinamis Berbasis Android. Jurnal of Information Technology and Computer Science. Vol. 1(1): 1-7

Yulianci, S., Gunawan, & Doyan, A. 2017. Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 3 (2): 146-154.

Biografi Penulis

Dandi Inplant Guspandi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Program Studi Tadris IPA, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Rian Vebrianto, Program Pasca Sarjana PGMI, UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.