Analisis Penggunaan Media Internet Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Mataram dalam Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19

Authors

Sri Wulan Dari , Muhlis Muhlis , Kusmiyati Kusmiyati

DOI:

10.29303/jpm.v16i3.2545

Published:

2021-06-02

Issue:

Vol. 16 No. 3 (2021): Juni 2021

Keywords:

Pembelajaran daring, Pemanfaatan Media Internet, Pandemi Covid-19

Articles

Downloads

How to Cite

Dari, S. W., Muhlis, M., & Kusmiyati, K. (2021). Analisis Penggunaan Media Internet Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Mataram dalam Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 381–386. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2545

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mewabah pada tahun 2019 mengakibatkan pembelajaran tatap muka ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran daring/online untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media internet pada mahasiswa pendidikan biologi Universitas Mataram selama pembelajaran daring ditengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini melibatkan 96 mahasiswa semester 4 pada program studi pendidikan biologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket skala likert. Angket dibuat dalam google form serta bantuan aplikasi WhatsApp. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menghitung persentase data dari setiap indikator, kemudian menginterpretasi skor persentasi data dan menganalisis setiap indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media internet pada mahasiswa pendidikan biologi semester 4 Universitas Mataram pada variabel pemanfaatan media internet berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 28%, tinggi dengan persentase 67% dan cukup dengan persentase 2%. Sedangkan pada variabel jenis aplikasi yang digunakan selama pembelajaran daring, didapatkan hasil bahwa aplikasi yang digunakan yakni WhatsAppe sebesar 29%, Zoom sebesar 21%, Google Meet sebesar 21%, Spada Unram sebesar 28%, dan lainnya sebesar 1% yang terdiri dari aplikasi Timelink, Line, YouTube, dan pembelajaran tatap muka.

References

Ihsan, M.S., Ramdani, A., dan Hadisaputra, S. (2019). Pengembangan E-Learning pada Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 14 (2), 84-87.

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Firman, dan Rahma, S.R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2), 81-89.

Gikas, J., dan Grant, M. (2013). Mobile Computing Devices in Higher Education: Student Perspectives on Learning with Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet and Higher Education.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisir Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2 (2), 117-125.

Korucu, A.T., & Alkan, A. (2011). Differences Between M-learning (Mobile Learning) and E-learning Basic Terminology and Usage of M-learning In Education. Procedia ââ¬â Social and Behavioral Sciences, 4 (29), 1925-1930.

Syarifudin, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, 5 (1): 31-34.

Pakphan, R.,& Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4 (2), 30-36.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zamarah, S.B., dan Zain. A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Yani, E. (2018). Skripsi: Analisis Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri Se-Kota Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ali, M. (2013). Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Fitriyani, Y., FauziI., dan Sari, M.Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6 (2), 165-175.

Gunawan, Suranti, N.Y., dan Fathoroni. (2020. Variation of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the Covid-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1 (2), 61-70.

Argaheni, N.B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8 (2), 99-108.

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1 (2), 122-133.

Azzam, F.N, dkk. 2019. Implementasi Video Conference dengan File Sharing Menggunakan WebRTC. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3 (10), 10102-10109.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet untuk Work From Home di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (1), 13-21.

Bimantoro, F., Widiartha, I.B.K., Wijaya, I.G.P.S.,dan Husodo, A.Y. (2019). Integrasi Sistem Informasi Kepuasan Belajar Mengajar Program Studi Teknik Informatika dengan Sistem Informasi Akademik Unram Menggunakan Web Service. JTIKA, 1 (1), 86-93.

Author Biographies

Sri Wulan Dari, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram

Muhlis Muhlis, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram

Kusmiyati Kusmiyati, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).