Analisis Penggunaan Media Internet pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Mataram dalam Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19

Sri Wulan Dari, Muhlis Muhlis, Kusmiyati Kusmiyati

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mewabah pada tahun 2019 mengakibatkan pembelajaran tatap muka ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran daring/online untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media internet pada mahasiswa pendidikan biologi Universitas Mataram selama pembelajaran daring ditengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini melibatkan 96 mahasiswa semester 4 pada program studi pendidikan biologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket skala likert. Angket dibuat dalam google form serta bantuan aplikasi WhatsApp. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menghitung persentase data dari setiap indikator, kemudian menginterpretasi skor persentasi data dan menganalisis setiap indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media internet pada mahasiswa pendidikan biologi semester 4 Universitas Mataram pada variabel pemanfaatan media internet berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 28%, tinggi dengan persentase 67% dan cukup dengan persentase 2%. Sedangkan pada variabel jenis aplikasi yang digunakan selama pembelajaran daring, didapatkan hasil bahwa aplikasi yang digunakan yakni WhatsAppe sebesar 29%, Zoom sebesar 21%, Google Meet sebesar 21%, Spada Unram sebesar 28%, dan lainnya sebesar 1% yang terdiri dari aplikasi Timelink, Line, YouTube, dan pembelajaran tatap muka.

Keywords

Pembelajaran daring, Pemanfaatan Media Internet, Pandemi Covid-19

References

DAFTAR PUSTAKA

Ihsan, M.S., Ramdani, A., dan Hadisaputra, S. (2019). Pengembangan E-Learning pada Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 14 (2), 84-87.

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syarifudin, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, 5 (1): 31-34.

Pakphan, R.,& Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4 (2), 30-36.

Gunawan, Suranti, N.Y., dan Fathoroni. (2020. Variation of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the Covid-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1 (2), 61-70.

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1 (2), 122-133.

Azzam, F.N, dkk. 2019. Implementasi Video Conference dengan File Sharing Menggunakan WebRTC. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3 (10), 10102-10109.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet untuk Work From Home di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (1), 13-21.

Bimantoro, F., Widiartha, I.B.K., Wijaya, I.G.P.S.,dan Husodo, A.Y. (2019). Integrasi Sistem Informasi Kepuasan Belajar Mengajar Program Studi Teknik Informatika dengan Sistem Informasi Akademik Unram Menggunakan Web Service. JTIKA, 1 (1), 86-93.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ali, M. (2013). Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Fitriyani, Y., Fauzi I., dan Sari, M.Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6 (2), 165-175.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.