PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORIAL KINESTETIK (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

Suryadin Suryadin , I Wayan Merta , Kusmiyati Kusmiyati

DOI:

10.29303/jpm.v12i1.330

Published:

2017-03-01

Issue:

Vol. 12 No. 1 (2017): Maret

Articles

Downloads

How to Cite

Suryadin, S., Merta, I. W., & Kusmiyati, K. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORIAL KINESTETIK (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pijar Mipa, 12(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.330

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditorial Kinestetik (VAK) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Biologi siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIà SMPN 3 Gunungsari yang terbagi menjadi 3 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah angket motivasi belajar dan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t dengan teknik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% yang dihitung dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa setelah dilakukan uji beda menunjukan bahwa nilai t hitung > t kritik yaitu 3,411 > 1,680, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh t hitung > t kritik yaitu 3,285 >1,680. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Visual Auditorial Kinestetik (VAK) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Biologi siswa.

Kata-Kata Kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran VAK, Motivasi Belajar

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).