SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DIPADU DENGAN BLENDED LEARNING DALAM MATAKULIAH KIMIA ANALISIS INSTRUMENTASI

Authors

Ade Trisnawati

DOI:

10.29303/jpm.v13i1.409

Published:

2018-04-02

Issue:

Vol. 13 No. 1 (2018): MARET

Articles

Downloads

How to Cite

Trisnawati, A. (2018). SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DIPADU DENGAN BLENDED LEARNING DALAM MATAKULIAH KIMIA ANALISIS INSTRUMENTASI. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 6–12. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.409

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Self regulated learning (regulasi diri dalam belajar) merupakan faktor penting dalam pembelajaran online. Kemampuan regulasi diri dalam belajar dibutuhkan mahasiswa agar mampu mengatur dan mengarahkan dirinya sendiri, mampu menyesuaikan dan mengendalikan diri dalam menghadapi tugas-tugas pembelajaran untuk meningkatkan prestasi dalam belajar. Penelitian pra-eksperimental ini bertujuan untuk mendeskripsikan self regulated learning mahasiswa pada pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning pada matakuliah kimia analisis instrumentasi khususnya pada materi spektroskopi. Sampel penelitian adalah mahasiswa program Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang semester 5 yang berjumlah 34 mahasiswa. Data penelitian didapatkan dari angket self regulated learning mahasiswa dan catatan observer selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki self regulated learning tinggi lebih banyak (52,94%) daripada mahasiswa yang memiliki self regulated learning rendah (47,06 %). Aspek manajemen waktu pada kedua kelompok memiliki skor rata-rata yang tinggi dan indikator pencarian bantuan (help seeking) pada kedua kelompok memiliki skor rata-rata paling rendah.

Author Biography

Ade Trisnawati, UNIVERSITAS PGRI MADIUN

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).