PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VII-1 SMPN 4 MATARAM

Authors

Mahyaeny Mahyaeny

DOI:

10.29303/jpm.v13i1.516

Published:

2018-03-31

Issue:

Vol. 13 No. 1 (2018): MARET

Articles

Downloads

How to Cite

Mahyaeny, M. (2018). PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VII-1 SMPN 4 MATARAM. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 79–81. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.516

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan strategi PQ4R (Preview, Read, Reflect, Recite, Review) di kelas VII-1 SMPN 4 Mataram. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi àserta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa àaktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada siklus Ià berada pada kategori cukup baik , cukup aktif dan ketuntasan klasikal 74%. Pada siklus II aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi baik dan aktif. Ketuntasan klasikal mencapai 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas VII-1 SMPN 4 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.

Author Biography

Mahyaeny Mahyaeny, SMP Negeri 4 Mataram, Jalan Ade Irma Suryani No.54, Cakranegara, Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 83239. Indonesia

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).