PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR BERBASIS LESSON STUDY DI PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN IPA UNIVERSITAS MATARAM
DOI:
10.29303/jpm.v13i1.570Published:
2018-03-31Issue:
Vol. 13 No. 1 (2018): MARETArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik pembelajaran dengan menggunakan prinsip lesson study yang melibatkan 6 orang mahasiswa program magister pendidikan IPA Universitas Mataram. Praktik pembelajaran dengan pola lesson study ini dilakukan di SMP 4 Lingsar selama 2 bulan (Oktober-November 2016). Setiap mahasiswa berkesempatan untuk berperan sebagai guru model selama 2 kali, dan 10 kali pertemuan lainnya bertindak sebagai observer. Langkah-langkah lesson study berupa tahap plan, do, see dilakukan dalam 2 seting yang berbeda, sebagian besar tahap plan dilaksanakan di kampus sedangkan tahap do dan see dilaksanakan di sekolah. Adapun temuan dari penelitian ini antara lain (1) proses belajar pembelajaran dengan pola lesson study ini secara umum dinilai menarik bagi siswa, meskipun masih ada beberapa siswa yang kurang serius dan kurang disiplin seperti berbicara, bercanda, atau mengganggu teman lainnya saat pembelajaran berlangsung, (2) perlu adanya persiapan yang lebih matang dari tim, khususnya guru model sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, (3) perlu upaya yang lebih optimal untuk meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen kelas, (4) terdapat beberapa masalah teknis di luar kendali atau faktor guru, yakni kurangnya dukungan daya listrik, bel tanda akhir pembelajaran berbunyi sebelum waktunya, dan rombongan belajar yang terlalu besarAuthor Biographies
Gito Hadiprayitno, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram. Jalan Majapahit No 62 Mataram, 83125, Indonesia
Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram. Jalan Majapahit No 62 Mataram, 83125, Indonesia
Baiq Niswatul Khair, Program Studi PGSD, FKIP Universitas Mataram, Jalan Majapahit No 62 Mataram, 83125, Indonesia
Program Studi PGSD, FKIP Universitas Mataram, Jalan Majapahit No 62 Mataram, 83125, Indonesia
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).