Relevansi Lulusan Program Studi Pendidikan Kimia Dengan Kebutuhan Pasar Kerja
DOI:
10.29303/jpm.v14i1.968Published:
2019-03-28Issue:
Vol. 14 No. 1 (2019): MaretKeywords:
Tracer Study, Deskriptif, Profil Lulusan, alumniArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan profil lulusan program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Mataram dengan kebutuhan pasar kerja di tingkat Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat memberikan penjelasan terkait dengan profil alumni program studi pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui tracer study yang umumnya menggunakan instrumen, berupa kuesioner online karena dianggap memiliki kelebihan, yaitu lebih menghemat biaya, data dimasukan sendiri oleh responden ke dalam sistem, keluaran hasil yang lebih cepat karena data terkoleksi di sistem sehingga pengolahan lebih cepat dilakukan, serta tingginya jumlah responden yang mungkin didapat. Pelaksanaan tracer study pada dasarnya dilakukan dengan mengikuti tiga tahapan. Tahap awal yaitu pengembangan konsep dan instrumen. Tahapan kedua adalah pengumpulan data responden (alumni Program Studi). Tahap akhir adalah analisis data dan penulisan laporan. Untuk analisis data hasil penelitian digunakan teknik deskriptif kuantitatif berupa persentase sederhana dan penggunaan tabel. Untuk keperluan pengolahan data yang bersifat kualitatif dilakukan analisis melalui tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh responden alumni pendidikan kimia mulai angkatan 1997 (angkatan pertama) sampai dengan angkatan 2013 yang berjumlah 189 orang. Berdasarkan hasil tabulasi dan analisis data responden diperoleh informasi bahwa Alumni Program Studi Pendidikan Kimia diketahui bahwa; 1.) Jumlah lulusan pendidikan kimia yang telah terserap dunia kerja sebanyak 79,9 % pada berbagai sektor pekerjaan; 2.) Bidang Pekerjaan pertama yang diperoleh setelah lulus adalah sebagai guru/Dosen Mata Pelajaran Kimia yaitu sebanyak 36,5 %; 3.) Bidang pekerjaan alumni Pendidikan Kimia yang sesuai dengan keilmuannya sebanyak 56,6 % dengan bidang pekerja yang paling banyak adalah sebagai Guru Mata Pelajaran Kimia (39,2%); 4.) Kesesuaian pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari program studi dengan tuntutan pekerjaanya (kesesuaian lebih dari 81%) adalah 40,7 %; dan 5.) Status kepegawaian alumni paling banyak adalah sebagai pegawai honorer/kontrak/tetap sebanyak 43,9%.
References
Handayani, T. (2015). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Kebutuhan Tenaga Kerja di Era Global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53-64.
Roviati, E., Jalaludin, D., Fitria, E., Jaelani, E., & Sari, L. L. (2015). Tracer study: Studi Rekam Jejak Alumni dan Respons Stakeholder Jurusan Tadris IPA-Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Scientiae Educatia, 4(1).
Kardoyo, K., & Nurkhin, A. (2016). Analisis Kepuasan Pelayanan Perguruan Tinggi (Kasus pada Prodi Magister Pendidikan Ekonomi Unnes). Cakrawala Pendidikan, (2).
Supriati, S., & Handayani, T. (2018, November). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dalam Penempatan Kerja. In Seminar Nasional Industri dan Teknologi (pp. 9-18).
Yoyet, E. (2009). Studi Pelacakan Alumni Politeknik Negeri Padang Sebagai Umpan Balik Menentukan Kebijakan Akademik dan Pasar Kerja. Jurnal Akuntansi & Manajemen, 4(2), 93-102.
ATMAJA, T. P. (2013). Pengembangan Tracer Study Berbasis Web. PROCIDING KMSI, 1(1).
Yani, D. E., Pertiwi, P. R., Fadila, I., Puspitasari, K. A., & Huda, N. (2012). Tracer study pada Program Studi S1 Agribisnis FMIPA-Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 13(2), 94-105.
Sintiani, I., Fitriani, L., & Kurniawati, R. (2017). Pengembangan Aplikasi Tracer Study STT-Garut. Jurnal Algoritma, 14(1), 118-124.
Nugroho, Z. A., & Arifudin, R. (2014). Sistem Informasi Tracer Study Alumni Universitas Negeri Semarang Dengan Aplikasi Digital Maps. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 153-160.
Karyono, G., & Hermanto, N. (2013). Rancang Bangun Sistem Tracer Study Online pada STMIK AMIKOM Purwokerto. Semantik, 3(1).
Khair, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2016). Alumni Tracer System Berbasis Web. In Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul, Samarinda, Indonesia.
Santoso, B., Mahmudi, H., & Basuki, P. (2019). Studi Pelacakan (Tracer Study) Kinerja Lulusan Program Pascasarjana Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram. Elastisitas-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(1), 1-15.
Karnan, K., Hadiprayitno, G., & Santoso, D. (2019). Pengisian Basis Data Alumni Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Daeng, A., Suriadi, I., & Masrun, M. (2017). Studi Pelacakan Kinerja Lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram. Journal of Economics and Business, 3(1), 47-56.
Japa, L., Prayitno, G. H., & Mertha, I. G. (2018). Pembuatan Basis Data Alumni Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Mataram. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1).
Author Biographies
Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Yunita Arian Sani Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).