Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Kimia

Asman Ardiyansyah, Eka Junaidi, Saprizal Hadisaputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrokarbon siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dalam bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi semua siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan lembar kerja siswa (LKS) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t.Hasil uji statistik pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung(3,76)> ttabel (1,67). Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,83 dengan ketuntasan klasikal sebesar 53,12% lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 68,01 dengan ketuntasan klasikal 38,70%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan lembar kerja siswa (LKS) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia pada materi senyawa hidrokarbon siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), lembar kerja siswa (LKS) dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Fauziah, N., Masykuri, M., Agung, N. 2013. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Menggunakan Peta Pikiran dan Peta Konsep Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada materi Pokok Sistem Periodik Unsur Siswa Kelas X Semester Ganjil SMAN Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(2): 132-139.

Hidayah, N., Husna, A.M., Rody, P. S. 2016. Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMAN 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5(9).

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nashar, H. 2004. Peranan MotivasiKemampuan Awal dalam Kegitan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Rendhana. W. 2011. Miskonsepsi Siswa Pada Topik Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan. 1(1).

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sholihah, A., Laksmiwati, D., & Haris, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Prestasi Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 24-29.

Siswaningsih, W., Hernani, H., Triannisa, R. 2014. Propil Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua tingkat. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. 1(2).

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17-23.

Suyanti, R.D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.