Pengaruh Jurnal Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Hidrokarbon

Annisa Septian Nurkhasanah, Mukhtar Haris, Jeckson Siahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jurnal belajar dan perbedaan antara pembelajaran menggunakan jurnal belajar dengan pembelajaran tanpa menggunakan jurnal belajar terhadap hasil belajar kimia materi hidrokarbon pada siswa kelas XI MIA SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only-nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 8 Mataram. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 2 dan XI MIA 4 yang ditentukan melalui teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jurnal belajar dan variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa dalam ranah kognitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian posttest dalam bentuk tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji U-test dengan pengambilan keputusan didasarkan pada uji hipotesis dua pihak. Uji U-test digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kimia siswa, didapatkan Zhitung (3,39) > Ztabel (1,64). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan jurnal belajar pada pelajaran kimia materi hidrokarbon memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa menggunakan jurnal belajar pada siswa  kelas XI MIA SMAN 8 Mataram.

 

Kata kunci : jurnal belajar, hasil belajar, materi hidrokarbon

Full Text:

PDF

References

Anggraini, S.D. 2010. Pengaruh Penerapan Jurnal Belajar dalam Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Sungai Penuh. FKIP Universitas Jambi.

Ardiyansyah, A., Junaidi, E., dan Hadisaputra, S. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Chemistry Education Practice. 2(2): 44-48.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi 2010). Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2013. Reliabiltas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Darmawan, D. dan Permasih. 2013. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Lianto., Jufri, A. W., dan Merta, I W. 2018. Pemanfaatan Model Jurnal Belajar Kotak Berhias Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. (1). 500-504.

Muhsin, L. B., Sukib., dan Laksmiwati, D. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berpikir Bicara Menulis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Koloid. Jurnal Chemistry Education Practice. 2(2): 36-43.

Ross, N. 2011. Reflective Writing: An Approach to Developing Critical Thinking and Proficient Writing. Thesis. United States Military Academic.

SSudjana, N. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyono., Wirya, I W., Suyanto, E., dan Suyadi, G. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia Kelas X di Propinsi Lampung. FKIP Universitas Bandar Lampung.

Supriadi, S., Ibnu, S., & Yahmin, Y. (2018). Analisis model mental mahasiswa pendidikan kimia dalam memahami berbagai jenis reaksi kimia. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 1-5.

Wati, A., Sutopo., dan Susilo H. 2016. Implementasi Jurnal Belajar Dalam Pembelajaran Sains. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. (l): 856-864.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.