PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS XI SMA

ulyanur khairunnufus, Dwi Laksmiwati, Saprizal Hadisaputra, Jeckson Siahaan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta kepraktisan dari modul praktikum kimia berbasis problem based learning untuk kelas XI SMA yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang dibatasi pada 3 tahapan yaitu Define, Design, dan Develop. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XII MIA di SMAN 1 Gunungsari tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah dua puluh orang siswa dari kelas XII MIA tahun ajaran 2018/2019. Sampel ini diambil secara acak dan kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas dari tiga orang validator yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,78 yang menunjukkan bahwa modul praktikum kimia berbasis problem based learning untuk kelas XI SMA telah valid dan layak digunakan. Sementara itu, praktikalitas dapat diketahui dari respon siswa dan guru yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata praktikalitas semua komponen modul sebesar 82 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia berbasis problem based learning untuk kelas XI SMA yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Chemistry Education Practice is indexed by