Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Advance Organizer

Penulis

Mahesti Kusdiastuti , Ahmad Harjono , Gunawan Gunawan , Mir'atun Nisyah

DOI:

10.29303/jpft.v5i1.1174

Diterbitkan:

2019-06-25

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2019): Januari - Juni

Kata Kunci:

Advance Organizer, Guided Inquiry, Teacher, Student Responses

Articles

Cara Mengutip

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Gunawan, G., & Nisyah, M. (2019). Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(1), 150–155. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1174

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the response of teachers and students to physics learning with a guided inquiry learning model combined with an advanced organizer. This research was conducted in three senior high schools in Mataram. This research is a pre-experimental study. The subjects of this study were 3 physics teachers and 60 students in Mataram. The data obtained in this study are teacher and studentââ¬â¢ questionnaire response data. The results of the study showed that both the response of students and the response to learning with guided inquiry learning models combined with advanced organizers included in the excellent category.

Referensi

Ambarsari, W., Santosa, S., & Mariadi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi UNS, 5(1), 81-95.

Baity, N. & Jatmiko, B. 2018. Senior High School Students Responses to Guided Inquiry Learning Model. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 208-210.

Dewi, S.M., Harjono, A., & Gunawan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 123-128.

Gunawan, G. 2015. Model Pembelajaran Sains berbasis ICT. FKIP Unram Press: Mataram.

Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 119-127.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. 2011. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Kigo, J.K., Okere, M.I.O., Maghanga, C.M., & Chemwei, B. 2018. Science Process Skills Advance Organizer and Studentsââ¬â¢ Motivation Orientation in Secondary School Physics. Kabarak Journal of Reasearch Science Education, 6(1), 79-88.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan G. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N.N.S.P. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 98-104

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Tasiwan, Nugroho, S.E., & Hartono. 2014. Pengaruh Advance Organizer Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Analisis-Sintesis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 1-7.

Usmeldi, Amini, R., & Trisna, S. 2017. The Development of Research-Based Learning Model with Science, Environment, Technology, and Society Approaches to Improve Critical Thinking of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 318-32.

Yeritia, S., Wahyudi, & Rahayu, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 181-187.

Biografi Penulis

Mahesti Kusdiastuti, Universitas Mataram

Ahmad Harjono, Universitas Mataram

Gunawan Gunawan, Universitas Mataram

Mir'atun Nisyah, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.