Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018

Penulis

Suci Yeritia , Wahyudi Wahyudi , Satutik Rahayu

DOI:

10.29303/jpft.v3i2.398

Diterbitkan:

2017-12-16

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2017): Juli - Desember

Kata Kunci:

Guided Inquiry Model, Concept Mastery, Critical Thinking Ability

Articles

Cara Mengutip

Yeritia, S., Wahyudi, W., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.398

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aimed to examine the effect of guided inquiry learning model toward concept mastery and critical thinking ability of physics of X grade students of SMAN 1 Kuripan in academic year 2017/2018. This research was an experimental research with post test only control group design. The population of this research was X MIA students consicted of 3 classes with the total number of the students was 30 for each class. The sample was chosen using cluster random sampling technique. Technique of collecting data of the mastery concept and critical thinking ability using essay test. Gained data was analyzed using manova test. The result of hypotesis test showed , so it was concluded that there was an effect of guided inquiry learning wodel on the mastery of concept and critical thinking ability of physics of X grade students of SMAN 1 Kuripan in academic year 2017/2018.

Referensi

Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, W. R. 2011. Teori-teori Belajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Fitriani, N., Gunawan, Sutrio. 2017. Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Helmi, F., Rokhmat, J., ââ¬ËArdhuha, J. 2017. Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-Scaffolding Tipe 2B Termodifikasi berbantuan Lks terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1), 68-75.

Heong, Y. M., Yunos, J. M., Hassan, R. B., Othman, W. B., Kiong, T. T. 2011. The Perception of The Level of Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Conference on Social Science and Humanity journal. 5(2), 281-285.

Kristanto, Y. E., 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 22(2).

Kurniawati, I. D., Wartono, Diantoro, M. 2013. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10(1), 36-46.

Latifa, B. R., Verawati, N. N. S. P., Harjono, A. 2017. Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 61-67.

Nurââ¬â¢Azizah, H., Jayadinata, A. P., Gusrayani, D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1), 51-60.

Sayyadi, M., Hidayat, A., Muhardjito. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Suhu dan Kalor dilihat dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 6(2), 866-875.

Subahiyah, Marhaeni A. A. I. N., Suastra, I. W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V Gugus 03 Wanasaba Lombok Timur. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3.

Wahyuni, R., Hikmawati, Taufik, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 164-169.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.