Implementasi Lesson Study Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar

I Wayan Gunada, Syahrial Ayub, Kesipudin Kesipudin

Abstract

The aim of this research is to improve the quality process, to develop creative thinking, and to create a good result of lesson study by implementing a problem solving method. This research is a class action research which involved 19 physcics students who enroll in matrik and vector space subject at even semester of 2017-2018. The data was collected by employing test and interview. It is analyzed by descriptive method. The result of this problem solving reseach are (1) giving the positive impact towards the ability of creative thinking (2) increasing the result of learning process (3) improving the ability of students to better understand the learning process and the ability to apply this problem solving  method in any types of problems, and (4) increasing students' learning activity. Based on the result of this research, it is recommended to implementing the problem solving method in any types of learning. The problem solving method is expected to be the answer of any problems in physics.

Keywords

Creative Thinking; Problem Solving; Lesson Study

Full Text:

PDF

References

Arnyana, IBP. 2006. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja,1(3), 496-515.

Ayas, B., & Sak, U. 2014. Objective Measure of Scientifics Creativity: Psychometric Validity of the Creative Scientific Ability Test. Elsevier: Thinking Skills and Creativity, 13(1), 195-205.

Cari, Sunarno, W., & Rahono, D. 2014. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Problem Solving Melalui Metode Demontrasi dan Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Inkuiri, 3(2), 78-82.

Cox, A.J. & Junkin, W.F. 2002. Enchaned Student Learning in The Introductory Physics Laboratory.Physics Education, 32 (1).

Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. 2017. Berpikir Kreatif Dalam Fisingan Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Gok, T. 2014. Students’ achievement, skill and confidence in using stepwise problem-solving strategies. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technolog Education, 10(6), 617-624.

Hamdayam, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Handayani, DR., Ryskiadi, A., Machrus, A., & Acik, R. 2015. Penerapan Lesson Study untuk Meningkatkan Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 27-31.

Harjono, A., Gunada, IW, Sutrio, & Hikmawati. 2018. Penerapan Advance Organizer dengan Model Pembelajaran Eksposotori Berpola Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 141-150.

Hikmawati, Kesipuddin, & Rahayu, S. 2018. Analisis Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Perkuliahan Strategi Pembelajaran Fisika Berpola Lesson Study. Jurnal Pendidikan Fisika Lensa, 2(1), 179-185.

Hu, W., Shi, QZ., Han, Q., Wang, X., & Adey, P. 2010. Creative Scientific Problem Finding and Its Developmental Trend. Creativity Research Journal, 22 (1), 1-7.

Istiyono, E., Suparno, Ariswan, Kuswanto, HR., & Sari, YA. 2013. Penilaian Pembelajaran yang Menerapkan Lesson Study Pada Fisika Zat Padat Lanjut. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(1), 176-184.

Khoiri, W., Rochmad, & Cahyono, NA. 2013. Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Mathematics Education, 2(1), 114-121.

Mariati, PS. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8(1), 152-160.

Noer, SH. 2011. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 104-111.

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi.2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63-70.

Saefudin, A., A. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Pendidikan Matematika Realistik (RME).Al-Bidayah 4(1), 37-48.

Sijabat, A., Motlan, & Derlina. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 87-91.

Sutarno, Setiawan, A., Suhandi, A., Kaniawati, I., & Putri, HD. 2017. Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Pembelajaran Bandul Fisis Menggunakan Model Problem Solving Virtual Laboratory. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 164-172.

Supurwoko, Aminah, NS, Fitriana, D., & Dewanto. 2013. Pembelajaran Fisika Kuantum Melalui Lesson Study Menggunakan Metode Diskusi Kelompok di Program Studi Pendidikan Fisika UNS. Makalah. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika “Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal” di Surakarta, 14 September.

Warimun, ES. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika Pada Pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Exacta, 10 (2), 111-114.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.