Pengembangan E-module Berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Pada Materi Teori Kinetik Gas Untuk Mahasiswa

Authors

Shinta Dewi Susanti , Muhammad Reyza Arief Taqwa , Sulur Sulur

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.2234

Published:

2020-12-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2020): Juli-Desember

Keywords:

E-module, Discovery Learning

Articles

Downloads

How to Cite

Susanti, S. D., Taqwa, M. R. A., & Sulur, S. (2020). Pengembangan E-module Berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Pada Materi Teori Kinetik Gas Untuk Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 287–296. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2234

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

This research was conducted to develop discovery learning-based E-modulees combined with PhET in kinetik gas theory materials with the aim of: 1) producing discovery learning-based E-modulee products in the analysekinetik theory of gassesmaterial subjects for students. (2) knowing the feasibility of discovery learning-based E-modulee products in kinetik gas theory material for students. referring to the R&D (reaserch and development) method of the step of development refers to Thiagarajan (4D) which has been adapted to the purpose of research only until the development stage. The development procedures in this study include define, design, and development. This research resulted in a product in the form of discovery learning based emodules on the subject matter of kinetik gas for students with a decent category. Based on the results of validation by experts, the overall product feasibility percentage is 87.7%, which means that the product falls into very valid criteria. The readability test conducted on 14 students of physics education UM obtained an average reading result of 96.4% of the readability criteria included in the legible category.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Afifah, N., & Sulur, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Suhu dan Kalor Siswa Kelas XI MAN 1 Malang. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(1).

Alfiana, E. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Simulasi PhET pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas di MA.

Anyafulude, J. C. (2013). Effects of problem-based and discovery-based instructional strategies on studentsââ¬â¢ academic achievement in chemistry. Journal of Educational and Social Research, 3(6), 105.

Anggraini, R. (2017). Pengembangan E-module Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X. Pengembangan E-module Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X.

Chodijah, S., Fauzi, A., & Ratnawulan, R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiryyang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1).

Dewi, W. S., & Afrizon, R. (2018). Analisis Kondisi Awal Perkuliahan Mahasiswa Pendidikan Fisika Dalam Rangka Mengembangkan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Menggunakan Model Problem Solving. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(1), 93ââ¬â100.

Fatik, Z. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Lab Virtual PhET pada Materi Gelombang Elektromagnetik di SMAN 1 Kutorejo. Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1).

Fernanda, R., Ramli, E., & Ratnawulan, R. (2015). Pengaruh Penerapan Modul dalam Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Semester 1 di SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok. Pillar of Physics Education, 6(2).

Fonna, M., & Mursalin, M. (2019). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 2(1).

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2017). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9ââ¬â14.

Gusmida, R., Rahmad, M., & Islami, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Materi Teori Kinetik Gas SMA Kelas XI. Riau University.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97ââ¬â102.

Hikmawati, H., Sutrio, S., & Kusdiastuti, M. (2019). Pengenalan Phet Simulations Sebagai Laboratorium Virtual Untuk Membantu Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta Didik Sman 1 Gerung Tahun 2019. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Irawati, I. (2012). Metode analogi dan analogi penghubung (bridging analogy) dalam pembelajaran fisika. URL: http://www. pustaka. ut. ac. id/dev25/pdfprosiding2/fmipa2012020. pdf.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Nuh, M.(2013). Kurikulum.

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68ââ¬â75.

Maiyena, S., & Imamora, M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Konstruktivisme untuk Kelas X SMA. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(1), 01ââ¬â18.

Mulyani, R. (2019). Studi Komparasi: Discovery Learning Vs Guided Discovery Learning terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika 10 Kata. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(1).

Pinilih, F. W., Masykuri, M., & Suparmi, S. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Salingtemas Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Sma/ma Kelas XI. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 5(2), 143ââ¬â155.

Riyadi, A., Gunawan, G., & Ardhuha, J. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Flash Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 87ââ¬â91.

Saidah Faiq Nur. (2018). Pengembangan E-Modul Android Berbasis Adobe Animate CC untuk Membantu Siswa dalam Menjelaskan Teori Kinetik Gas dan Karakteristik Gas. Skripsi Tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM

Sari, D. P., & Simanjuntak, M. P. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(4).

Sintia, R., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan LKS Model Discovery Learning Melalui Pendekatan Saintifik Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2).

Sutrisno, A. D., Samsudin, A., Liliawati, W., Kaniawati, I., & Suhendi, E. (2015). Model pembelajaran two stay two stray (tsts) dan pemahaman siswa tentang konsep momentum dan impuls. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 38ââ¬â42.

Syafutri, E., Widodo, W., & Pramudya, Y. (2019). Pengembangan E-module Fisika Interaktif Pada Materi Fluida Dinamis Menggunakan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology, Society). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi II, 1(1), 330ââ¬â340.

Syaifulloh, R. B., & Jatmiko, B. (2014). Penerapan pembelajaran dengan model guided discovery dengan lab virtual PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Tuban pada pokok bahasan teori kinetik gas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 174ââ¬â179.

Van Joolingen, W. (1998). Cognitive tools for discovery learning.

Yoto, Y., & Wiyono, K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran teori kinetik gas berbantuan Lectora Inspire untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211ââ¬â219.

Author Biographies

Shinta Dewi Susanti, Universitas Negeri Malang

Program Studi Pendidikan Fisika

Muhammad Reyza Arief Taqwa, Universitas Negeri Malang

Program Studi Pendidikan Fisika

Sulur Sulur, Universitas Negeri Malang

Program Studi Pendidikan Fisika

License

Authors who publish with Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).