Analisis Tingkat Kesulitan Soal Try Out Fisika SMA Negeri 5 Banda Aceh

Penulis

Susanna Susanna , Putri Ani , Abdul Hamid

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.1457

Diterbitkan:

2020-12-01

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Kata Kunci:

analysis, difficulty level, try out questions

Articles

Cara Mengutip

Susanna, S., Ani, P., & Hamid, A. (2020). Analisis Tingkat Kesulitan Soal Try Out Fisika SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 193–197. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.1457

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The purpose of this study was to see the difficulty level of physics exam questions at SMA Negeri 5 Banda Aceh in the 2018/2019 academic year. This type of research is a qualitative descriptive study. Those who will be the subjects of this research are students of class XII MIPA at SMA Negeri 5 Banda Aceh for the 2018/2019 academic year, who took the trial test determined by 32 students who were selected by lottery based on the list of participants in the trial test. Furthermore, the object of this research is a matter of trying physics for the 2018/2019 academic year originating from the Aceh provincial education office. The data test technique was carried out using documentation data, namely in the form of test questions for physics testing for the 2018/2019 academic year along with the student test scores. The data obtained were analyzed using the difficulty level formula (difficulty). The results of the data analysis showed that of the 40 items tested, only 7.5% of the items were too easy, 37.5% of the items were easy, 32.5% of the items were medium, 17.5% of the items that came were difficult difficult) and 5% of the answer items are too difficult (difficult). This shows that the physics experimental questions have varying levels of difficulty (difficulty).

Referensi

Arikunto. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harjanto. (2008). Perencanaan Pengajaran Jakarta: Rineka Cipta.

Riswida, L. (2014). Tingkat Kesukaran Dan Validitas Soal Try Out Mata Pelajaran Fisika Tahun 2011/2012 Pada SMA Se-Kota Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Safitri, E., Kosim & Ahmad H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Smp Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 197-204.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Supeno, Sri, H.B., & Marlina, P.R. (2020). Karakteristik Kemampuan Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Well dan Ill Structured Problems Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 63-72.

Susilawati, E., Agustinasari, Achmad, S., & Parsaoran, S. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 11-16.

Undang- Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusrizal. (2016). Pengukuran & Evaluasi Hasil Dan Proses Belajar. Yogyakarta: Pale Media Prima.

Biografi Penulis

Susanna Susanna, Universitas Syiah Kuala

Program Studi Pendidikan Fisika

Putri Ani, Universitas Syiah Kuala

Abdul Hamid, Universitas Syiah Kuala

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.