Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung

Penulis

I'in Senja Septiana , Ahmad Harjono , Hikmawati Hikmawati

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.473

Diterbitkan:

2018-05-28

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

learning cycle 5E model, experimental, critical thinking ability

Articles

Cara Mengutip

Septiana, I. S., Harjono, A., & Hikmawati, H. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 7–15. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.473

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aims to determine the effect of experimental based learning cycle 5E model to the critical thinking ability of physics students class XI SMAN 1 Gerung. This research is a quasi experimental research with design called "untreated control group design with pretest and posttes". The population in this study is all students of class XI SMA Negeri 1 Gerung, and sampling technique using purposive sampling. There are two samples taken are class XI MIPA-3 as experiment class and XI MIPA-2 as control class. The data collection critical thinking ability using the technique to description of 6 questions. Based on the result, it is found that the average posttest of experimental critical thinking ability is 70,28 and control class is 62,39. The obtained data were first tested for normality and homogeneity. Both classes were normally distributed and homogeneous, followed by hypothesis testing using statistical test (t-test polled variance). The hypothetical test of critical thinking ability was obtained by àof 3.38, of 1.99 at significant level of 0.05, because à is greater than à, H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this research, there is influence of experimental based learning cycle 5E model to the critical thinking ability of physics learners class XI SMAN 1 Gerung.

Referensi

Apriyanti, L. G. E., Dantes, N., dan Partadjaya, T. R. 2013. Pengaruh model siklus belajar 5E terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V di desa penarukan. Jurnal jurusan pendidikan guru sekolah dasar. 1(1). 37.

Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. 2-4.

Ginting, EM, dan Sundarin, H. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Zat Dan Wujudnya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2). 27.

Handriani, LS, Harjono, A, dan Doyan, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1 (3). 212.

Hikmawati dan Gunada, IW. 2013. Kajian Fisika SMA. Mataram: Arga Puji Press. 23-29.

Hikmawati, 2015. Pembelajaran Fisika Dengan Model Siklus Belajar 5-E (Engage, Explore, Expalain, Elaborate, Evaluate) Sebagai Upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1). 35.

Latifa, B, R, A., Verawati, NNSP., dan Harjono, A. 2017. Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1). 66.

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.

Prayogi, S., Hidayat, S., dan Armansyah. 2013. Implementasi Model Pembelajaran 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Lensa Kependidikan Fisika, 1(1). 37-42.

Rahma, AN. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan SETS Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2). 133.

Sari, I. N., Saputri, D. F., dan Beno, Y. 2016. Penerapan Model Learning Cycle 5E Dalam Materi Besaran Pokok Dan Turunan Di Kelas VII SMP Negeri 1 Sengah Temila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2). 280.

Snyder, L.G. dan Snyder, M.J. 2008. Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 2. 90-99.

Sumarni, Woro. 2010. Penerapan Learning Cycle Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Inferensia Logika Mahasiswa Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4 (1). 523.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Tuna, A. dan Kacar, A. 2013. The Effect of 5E learning Cycle Model in Teaching Trygonometry on Students Academic Achievement and The Permanence of Their Knowledge. International Journal On New Trends in Education and Their Implications. 4(7). 74.

Udayani, PA, Kusmariyatni, N, dan Wibawa, IMC. 2014. Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Di Desa Kalibukbuk. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan PGSD, 2(1). 23-28.

Yuliati, D.I., Yulianti, D., dan Khanafiyah, S. 2011. Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7. 24.

Biografi Penulis

I'in Senja Septiana, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.