Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik

Penulis

Khairun Niami , Kosim Kosim , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v4i2.850

Diterbitkan:

2018-11-06

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2018): Juli-Desember 2018

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Computer Simulation, Mastery of Concept

Articles

Cara Mengutip

Niami, K., Kosim, K., & Gunawan, G. (2018). Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(2), 220–225. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.850

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aims to determine the increase in mastery ofà concept through àproblem based learning model assisted by computer simulations on the material of class XI optical devices in SMAN 8 Mataram. This type of research is quasi-experimental with pretest-posttest control group design. The research population was all students of class XI MIA SMAN 8 Mataram. Sampel taken using purposive sampling technique. Students of class XI MIA 1 were selected as experimental class and class XI MIA 2 as control class. Hypothesis testing using t test with a significance level of 5% assisted by SPSS 23. Hypothesis testing yielded a significance level of 0.010 for mastery of concepts smaller than 0.05. Based on the provisions, Ho is rejected and it can be concluded that there is an influence of problem based learning models assisted by computer simulations on the mastery of the concepts. This result can be proved by the N-gain test, where there is an increase in mastery of concepts by using a problem based learning model assisted by computer simulations. The highest increase in sub-material for concept mastery data was seen in the reflection devices and lowest sub-material in binocular.

Referensi

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., dan Gunawan, G., 2016. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4(2): 159-163.

Aziz, A., Rokhmat, J. & Kosim, K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 200-204

Dewi, S. M., Harjono, A., & Gunawan. 2016. Pengaruuh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 123-128.

Gunawan, Harjono, H., & Sahidu, H. 2015. Studi Pendahuluan pada Upaya Pengembangan Laboraturium Virtual Bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, I(2), 140-145.

Hastuti, A., Syahidu, H., & Gunawan. 2016. Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129-135.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Nardin, Muris, & Tawil, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Minat Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 26 Makasar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 12(2), 117-127.

Sanjaya, H. W. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Silaban, B. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1), 65-75.

Tirtarahardja, U & Sulo, S.L. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Widoyoko, P. E. S. 2016. Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yokyakarta: Pustaka Belajar.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.