Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika

Penulis

Ana Silfiani Rahmawati , Rahmawati P. Dewi

DOI:

10.29303/jpft.v5i1.958

Diterbitkan:

2019-03-18

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2019): Januari - Juni

Kata Kunci:

Interactive Multimedia, Learning Media, Learning Achievement

Articles

Cara Mengutip

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(1), 50–58. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The purpose of this study was to determine the use of interactive multimedia as a learning medium in improving physics learning achievement. This type of research is an experimental design one group pre-test post-test with a quantitative approach. The population in the study were all students of class X semester 2 of SMK Negeri 2 Ende which consisted of 13 classes in 5 skill programs totaling 421 people and the sample of the research was 26 students of TKJ class XC as many as 26 people. The sampling technique was purposive sampling. Data collection techniques in this study are achievement test techniques. Data were analyzed by t test. The results showed that the use of interactive multimedia (MMI) as a learning medium can improve physics learning achievement. This is evidenced by the value of t count ÃÆ t table or 3.491> 1.708 with the degree of freedom to list the distribution t is dk = N-1 = 26-1 = 25, and the significance level is 0.05.

Referensi

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

DePorter, B. 2005, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Fauziah & Andriyana, S. 2012. WEB Portal Berbasis Teknologi Multimedia Menggunakan Bahasa Pemrograman Vidiscript. SemnasIF 2012. ISSN: 1979-2328. pp. D65-D69.

Gunawan, Harjono, A., Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif dalam pembelajaran konsep listrik bagi calon guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. I (1). 9-14.

Handhika, J. 2012. Efektifitas Media Pembelajaran IM3 ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikian IPA Indonesia (JPII) 1(2), 109-114.

Husein, S., Lovy, H., Gunawan. 2015. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. I (3). 221-225.

KBBI offline. 2011. (http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/).

Magdalena, H. 2012. Model Pengambilan Keputusan untuk Memilih Software Berbasis Open Source untuk Aplikasi Digital Library Berbasis WEB, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2012 (SENTIKA 2012), ISSN: 2089-9815. Yogyakarta.

Miarso, Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Nandi. 2006. Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran geografi di persekolahan, Jurnal ââ¬ÅGEAââ¬Â Jurusan Pendidikan Geografi. 6(1), 1-9.

Rahmatiah, R., Supriyono K.H., Sentot K. 2016. Pengaruh scaffolding konseptual dalam pembelajaran group Investigation terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA dengan pengetahuan awal berbeda. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. II(2). 45-54.

Rohmatika, R. 2006. Efektivitas Penerapan MMI dengan Metode Diskusi Terhadap Fisika Siswa SMP, Jurnal Pendidikan,.

Sudjana, N. 2011. Metode Statistik Edisi Kelima. Bandung: Transito.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: ANDI Offset.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widada, H.R. (2010). Mudah membuat Media Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wijaya, D. 2003. Macromedia Flash Mx dengan Action Script-Tip dan Trik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Biografi Penulis

Ana Silfiani Rahmawati, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Flores

Rahmawati P. Dewi, SDN 2 Ende

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.