PENGARUH MODEL PEMECAHAN MASALAH POLYA BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 SELONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson & Krathwol. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (terjemahan). Jakarta: Pustaka Belajar.
Aji, N.S. & Widodo. 2017. Pengembangan LKS Gerak Harmonik Sederhana dengan Media virtual laboratory Berbasis Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 8(1) 44-50.
Ekasari, R. R., Gunawan, G., Sahidu, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium terhadap Kreatifitas Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 106-107.
Fitriyati, Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013). Pengembangan LKS Fisika SMA Kelas X Semester II dengan Website Online Berbasis Contextual Teaching Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Radiasi, 3(1), 7-11.
Hadi, S., Radiyatul. 2014. Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61.
Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. 2015. Studi Pendahuluan pada Upaya Pengembangan Laboratorium Virtual bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 140-145.
Ikhwanuddin, Jaedun, A.,& Purwantoro, D. 2010. Problem Solving dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Berpikir Analitis. Jurnal Kependidikan, 40(2), 215-230.
Jiniarti, B. E., Sahidu, H.,& Verawati, S. P. 2015. Implementasi Model Problem Based Learning berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 185-192.
Komariah, K. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA UN, 181-217.
Maghfiroh, U., Sugianto. 2011. Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi Sets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6-12.
Nurliawaty, L., Mujasam, Yusuf, I., & Widyaningsih, SW. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pemecahan masalah Polya pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 72-81.
Nurqomariah, Gunawan, &Sutrio. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 173-178.
Purwanto, A. 2012. Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Meneerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelejaran Fisika. Jurnal Exacta, 10(2), 133-135.
Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 17-22.
Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Venisari, R., Gunawan,& Sutrio. 2015. Penerapan Metode Mind Mapping pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 193-198.
Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarti. 2015. Profil Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 19-24.
DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v3i2.366
Refbacks
- There are currently no refbacks.