Implementasi Multimedia Interaktif Penunjang Literasi Sains SDLB Tunarungu pada Materi Zat Cair dan Gas

Authors

Cindy Kumalasari , Sri Poedjiastoeti

DOI:

10.29303/cep.v6i1.4347

Published:

2023-05-31

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Keywords:

Hearing impairment, MMI, SDLB, Chemistry, Education

Articles

How to Cite

Kumalasari, C., & Poedjiastoeti, S. . . (2023). Implementasi Multimedia Interaktif Penunjang Literasi Sains SDLB Tunarungu pada Materi Zat Cair dan Gas. Chemistry Education Practice, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.4347

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan multimedia interaktif (MMI) sebagai penunjang literasi sains peserta didik SDLB tunarungu pada materi zat cair dan gas yang ditinjau secara empiris berdasarkan aktivitas dan respon peserta didik, serta hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengikuti 3 tahapan yaitu: pendahuluan, pengembangan, dan implementasi. Hasil implementasi MMI ditinjau dari kepraktisan dan keefektifan nya. MMI berisi materi, animasi, gambar, video penjelasan materi dan demonstrasi yang dilengkapi dengan bahasa isyarat, serta latihan soal dan evaluasi. Sumber data diperoleh dari 3 guru IPA dan 7 peserta didik SDLB tunarungu kelas VI sebagai subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kepraktisan ditinjau dari aktivitas dan respon peserta didik berturut-turut sebesar 100% dan 70,6%-100%. Keefektifan ditinjau dari persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 71,4%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa MMI yang diimplementasikan layak sebagai penunjang literasi sains peserta didik SDLB tunarungu pada materi zat cair dan gas.

References

A’yuni, Nurul Q., & Sukarmin. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Tema Makanan Dan Minuman Bergizi Untuk Siswa SMPLB Tunarungu. Unesa Journal of Chemical Education, 9(1), 94–100.

Arifin, A. Z., Huda, C., dan Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(3), 301-307.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Gultepe, N., & Kilic, Z (2015). Effect of Scientifiec Argumentation on The Development Of Scientific Process Skills In The Contex Of Teaching Chemistry. International Journal of Environmental and Science Education, 10 (1), 111-132.

Kemendikbud, Tim. (2016). Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Luar Biasa. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Tim GLN

Mufidah, S. E., & Poedjiastoeti, S. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Komunikasi Total (Komtal)Pada Materi Zat Aditif Untuk Siswa Tunarungu di SMALB-B. Unesa Journal of Chemical Education, 6(2), 292-299.

Nurdiana, Alvi. (2017). Studi Kasus Tentang Kemampuan Membaca Ujaran Anak Tunarungu di SLB-B Dena Upakara Wonosobo. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(1).

Nurhayati, E. J., Nu’man Yasir, dan Ernawalis. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Dengan Multimedia. Jurnal Simpul Juara 1(1), 28–35.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 4301. Sekretariat Negara. Jakarta.

Poedjiastoeti, S., Wagino, dan Dian Avina T. S. (2019). School Literacy Movement, Scientific Literacy, and Science Matter Inventory for Hearing Impaired Studenst. Atlantis Highlights in Chemistry and Pharmaceutical Sciences, Volume 1.

Rahayu, Puji. (2019). Multimedia Interaktif Berbasis Komunikasi Total (KOMTAL) pada Materi Bahan Kimia di Rumah Tangga untuk Pesertad didik SMPLB-B. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3). 299-304.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Samuel.A. Kirk & James. J. Gallagher. 1979. Educational Ecxeptional Children. Boston. U.S.A: Houghton Mifflin Company.

Setyaningsih, F. (2019). Analisis Literasi Sains Pada Siswa Tunarung Terhadap Materi IPA. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3), 1–21.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno. (1989). Pendekatan Komunikasi Total bagi Anak Tunarungu. Jurnal Cakrawala Pendidikan Nomor 3.

Toharudin, U., Sri Hendrawati, dan Andrian Rustaman. (2013). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Wahyuni, P. S., & Poedjiastoeti, S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Pokok Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Siswa SMALB Tunarungu. Unesa Journal of Chemical Education, 5(3), 703-709.

Wulandari, N. A., & Sukarmin. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Unsur Untuk Siswa Tunarungu di SMALB. Unesa Journal of Chemical Education, 9(3), 354–360.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Yusuf, Syamsu. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Author Biographies

Cindy Kumalasari, Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Surabaya

Sri Poedjiastoeti, Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Surabaya

License

Copyright (c) 2023 Cindy Kumalasari, Sri Poedjiastoeti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.