Pengembangan Komik Mitigasi Berbasis Potensi Bencana Lokal yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Fisika di Sulawesi Tengah

Penulis

Fittri Yani , Unggul Wahyono

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.1874

Diterbitkan:

2020-12-04

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Kata Kunci:

comic, mitigation, local disaster

Articles

Cara Mengutip

Yani, F., & Wahyono, U. (2020). Pengembangan Komik Mitigasi Berbasis Potensi Bencana Lokal yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Fisika di Sulawesi Tengah. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 198–205. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.1874

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to produce appropriate learning media in supporting the implementation of learning about disaster mitigation. The type of research used is Research and Development (R&D) and uses the 4D development model namely Define, Design, Develop and Disseminate. After becoming a product, it is then validated by material experts and media experts. The results of the material expert validation obtained an average score of 3,13 in the "good" category and the media expert validation obtained an average score of 3,50 with the "very good" category. The comic that has been validated by several experts is then revised by the researcher by referring to the advice given by the validator. To make this comic, researchers used the CorelDRAW X8 application. The subjects of this comic mitigation feasibility trial were class VIII students of SMP Negeri 10 Palu. The average score obtained is 3,56 with the category "strongly agree". The conclusion in this study is that the mitigation comics developed can be used as a media to support disaster learning integrated in physics learning.

Referensi

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Algesindo.

Enawaty, E., & Sari, H. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pontianak pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 24-36, from http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v1i1.163.

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 197-206, from doi: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v3i2.412.

Huriawati, F., Purwandari., & Permatasari, I. (2015). Pengembangan Buku Komik Fisika Pokok Bahasan Newton Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal pendidikan fisika dan keilmuan, 1(2), 81-89, from doi: http://doi.org/10.25273/jpfk.v1i2.16.

Ibas, A. (2010). Bencana Alam dan Kesiapsiagaan Kita. Bandung : Quadra.

Kaharuddin, M. S., Hutagalung, R. & Nurhamdan. (2011, 26-29 September). Perkembangan Tektonik dan Implikasinya terhadap Potensi Gempa dan Tsunami di Kawasan Pulau Sulawesi. Proceedings JCM Makassar, The 36th HAGI and 40th IAGI Annual Convention and Exhibition.

Kurniawan, T., Rokhmat, J., & Ardhuha, J. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komik Fisika dengan Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 123-128, from doi: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i2.247.

Oktaviani, W., Gunawan., & Sutrio. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 1-7, from doi: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v3i1.320.

Pakpahan, S., Ngadmanto, D., Masturyono., Rohadi, S., Rasmid., Widodo, H. S., & Susilanto, P. (2015). Analisis Kegempaan di Zona Sesar Palu Koro, Sulawesi Tengah. Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi, 6(3), 253-264. doi : http://dx.doi.org/10.34126/jlbg.v6i3.88.

Permana, R. C. E., Nasution, I. P., & Gunawijaya, J. (2011). Kearifan Lokal Tentang Mitigasi Bencana pada Masyarakat Baduy. Human Behavior Studies in Asia, 15(1), 67-76, from doi: https://doi.org/10.7454/mssh.v15i1.45.

Pramadi, I. P. W. Y., Suastra, I. W., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh Penggunaan Komik Berorientasi Kearifan Lokal Bali terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1), 1-10.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413-420. doi: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.

Rusilowati, A., Supriyadi, A., Binadja, A., & Mulyani, S. E. S. (2012). Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology And Society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1), 51-60. doi: https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1994.

Sudarjo, R. (2001). Media Pembelajaran. Bandung: CV Sinar Baru.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabet.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007, Penanggulangan Bencana.

Wahyono, U. (2016, 8 Oktober). Rancang Bangun Konten E-Sabak untuk Pengembangan Karakter Siaga Bencana Berkonteks Ancaman Bencana di Sulawesi Tengah. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahyuni, A., & Lia, L. (2020). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Kearifan Lokal Palembang di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 37-45, from http://dx.doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.4187.

Waluyanto, H. D. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 7(1), 45-55.

Biografi Penulis

Fittri Yani, Universitas Tadulako

Program Studi Fisika

Unggul Wahyono, Universitas Tadulako

Program Studi Fisika

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.