Motivasi Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Model Pembelajaran DiSTAD

Penulis

Ana Silfiani Rahmawati , Danar Wulan

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.2137

Diterbitkan:

2020-12-31

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Kata Kunci:

DiSTAD, and learning motivation

Articles

File Tambahan

Cara Mengutip

Rahmawati, A. S., & Wulan, D. (2020). Motivasi Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Model Pembelajaran DiSTAD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 314–319. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2137

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to find out the student learning motivation in terms of DiSTAD learning model. This study is a quantitative research using a quasi experimental design. The population in this research were all VIII grade students of Satap Pong Meleng Manggarai Junior High School which consisted of two class. The sample taken by sampling saturated, because all population were taken (summary not exceed 30 people per class. àThe data analysis used the descriptive analysis and inferensial analysis. The results show that: the implementation of DiSTAD learning model gives a significantly positive effect to the student learning motivation, and it is shown by the output value of the t-test (5,531) at the significance level of 0.00 (significance < 0.05).

Referensi

Champine, S. L., Duffy, S.M.,& Perkins, J.R. (2009). Jerome S. Brunerââ¬Å¸s discovery learning model .Light Bounces Lesson, 1, 1-28

Fitri, M & Derlina. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), Vol. 3 No.2 (hal.89-96)

Hamdu, G. & Lisa, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol.12 No. 1 (81-86). ISSN 1412-565X

Lestari, W., Loviga, D. P., & Jailani. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif tipe STAD terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Aksioma Vol. 9 No.1, E-ISSN 2579-7646 (p. 29-39)

Muthmainnah, Joni R., & Jannatin ââ¬ËA. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, Vol.III.,No.1 Juni 2017 (ISSN 2407-6902

Sari, P. I., Gunawan, & Ahmad H. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, Vol.II.,No.4 Okt. 2016.

Schunk, Dale, et. al. (2010). Motivaton in education: theory, research, and education (8th ed.). New Jersey: Pearson Education

Shalin, H. (2012). Construction self-discovery learning spaces online: scaffolding and decicion making technologies. USA: IGI Global

Uno, Hamzah B.. (2013). Teori motivasi & pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Uside, O. N., Barchock, K. H., & Abura, O. G. (2013). Effect of discovery method on secondary school studentââ¬â¢s achievement in physics in Kenya. Asian Journal of Social Sciences & Humanities, 2(3), 351ââ¬â358.

Biografi Penulis

Ana Silfiani Rahmawati, Universitas Flores

Program Studi Pendidikan Fisikaà

Universitas Floresà

Danar Wulan, SMP SATAP PONG MELENG SATARMESE

Pengajar IPA SMP SATAP PONG MELENG

MANGGARAI

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.