Analisis Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah di Kecamatan Kontukowuna

Penulis

Halmuniati Halmuniati , Nilawati Ute , Nuraida Saudi

DOI:

10.29303/jpft.v8i1.3386

Diterbitkan:

2022-04-02

Terbitan:

Vol 8 No 1 (2022): January-June

Kata Kunci:

Parents' Education Level, Motivation Learning, Physics

Articles

Cara Mengutip

Halmuniati, H., Nilawati Ute, & Nuraida Saudi. (2022). Analisis Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah di Kecamatan Kontukowuna . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 8(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jpft.v8i1.3386

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar fisika siswa di dua sekolah menengah pertama di Kecamatan Kontukowuna Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kontukowuna dan seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kontukowuna. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan kategori incidental sampling dimana sampel yang digunakan adalah 28 orang untuk SMA dan 30 orang untuk SMP. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui program SPSS 16. Berdasarkan analisis data menggunakan persamaan regresi uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara tingkat pendidikan orang tua siswa terhadap motivasi belajar fisika, yaitu 94,1 % untuk SMAN 1 Kontukowuna dan untuk SMPN 1 Kontukowuna memiliki pengaruh yang besar yaitu 84,8%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa

Referensi

Ariyo widodo. 2015. “Hubungan Tigkat Pendidikan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa SD Kelas V.” Keefektifan Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Golo Yogyakarta 16(2).

Ceka, Ardita, and Rabije Murati. 2016. “The Role of Parents in the Education of Children.” Journal of Education and Practice 7(5).

Kumar, Suresh, and N. Vellymalay. 2012. “Parental Involvement at Home: Analyzing the Influence of Parents’ Socioeconomic Status.” Studies in Sociology of Science 3(1).

Mcneal, Ralph B. 2014. “Parent Involvement, Academic Achievement and the Role of Student Attitudes and Behaviors as Mediators.” Universal Journal of Educational Research 2(8). DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2014.020805

Pramaswari, Eva. 2018. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar.” JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan 2(2). doi: 10.26740/jpeka.v2n2.p77-82. DOI: https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p77-82

Schwab, Klaus. 2017. “The Fourth Industrial Revolution, by Klaus Schwab | World Economic Forum.” World Economic Forum.

Slavin, Robert E. 2011. “Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik.” Psikologi Pendidikan.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.

Susanti, D. 2012. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru.” (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). 66.

Theobald, Roddy, and Scott Freeman. 2014. “Is It the Intervention or the Students? Using Linear Regression to Control for Student Characteristics in Undergraduate STEM Education Research.” CBE Life Sciences Education 13(1). doi: 10.1187/cbe-13-07-0136. DOI: https://doi.org/10.1187/cbe-13-07-0136

Ulfiani, F. 2020. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Gandasari Kota Tanngerang.” JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasisw Pendidikan Islam 01(01).

Uno, B. Hamzah. 2014. “Teori Motivasi & Pengukurannya.” Personnel Review.

Biografi Penulis

Halmuniati Halmuniati, IAIN Kendari

Nilawati Ute, Universitas Halu Oleo

Lisensi

Hak Cipta (c) 2022 Halmuniati Halmuniati, Nilawati Ute, Nuraida Saudi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.