The Variety of Teaching Material on Online Learning and Physics Learning Outcomes in Gorontalo District High Schools

Penulis

Nurmila Nurmila , Masri Kudrat Umar , Tirtawaty Abdjul

DOI:

10.29303/jpft.v8i1.3501

Diterbitkan:

2022-06-06

Terbitan:

Vol 8 No 1 (2022): January-June

Kata Kunci:

Variety, Teaching materials, Learning Outcomes, Physics

Articles

Cara Mengutip

Nurmila, N., Umar, M. K. ., & Abdjul, T. . (2022). The Variety of Teaching Material on Online Learning and Physics Learning Outcomes in Gorontalo District High Schools. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 8(1), 48–55. https://doi.org/10.29303/jpft.v8i1.3501

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study discusses the variety of teaching materials in BOLD learning and physics learning outcomes in high schools, with the aim of knowing what materials are used in BOLD learning and finding out student learning outcomes in BOLD learning. The data analysis used in this research is quantitative descriptive analysis. Descriptive research in this study describes the teaching materials used by teachers in BOLD learning, while quantitative is used to see the learning outcomes of students after using these teaching materials. Based on the results of the research, the teaching materials used in BOLD learning are in the form of electronic modules, textbooks, and PowerPoint slides. Student learning outcomes after using the teaching materials are above the predetermined KKM score. The average student learning outcomes after using online learning teaching materials in four schools are above 70, with one school having an average learning outcome of 83 with good criteria, while three other schools obtain scores of 71, 72, and 73 with sufficient criteria. So, it can be said that the variety of teaching materials used in online learning can improve student learning outcomes.

Referensi

Fitri Rahmawati, B. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135 DOI: https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135

Imania, L. I. (2018). Efektivitas Penggunaan Modul Fisika Online Kelas X Materi Gerak Melingkar Dalam.

Karina, V. (2016). Analisis Aspek Penyajian Buku Ajar Fisika Kelas Xi Di Sma Negeri Se-Kabupaten.

Kosasih, E. (2014). Stategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.

Panggabean, N. H. dan A. D. (2020). Desian Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains (1 ed.). Yayasan Kita Menulis.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah (1 ed.). CV Sarnu Untung.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Kencana Prenadamedia Group.

Rifa’i, A. dan C. T. A. (2011). Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Setiani, I., Dafik, & Darojat, O. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Teknik Whole Brain Teaching Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Siswa Kelas IX. Pancaran, 4(1), 193–210. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kelebihan+dan+kelemahan+pendekatan+saintifik&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DERRXJE7vKFAJ

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Komopetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara.

Tatang, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa ( The Effect of the Powerpoint Media and the Learning Motivation Towards Student ’ s Learning Outcomes ). 4, 32–41.

Widodo, C. S. dan J. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. PT Elex Media Komutindo.

Biografi Penulis

Nurmila Nurmila, Universitas Negeri Gorontalo

Masri Kudrat Umar, Universitas Negeri Gorontalo

Physics Education Study Program

Tirtawaty Abdjul, Universitas Negeri Gorontalo

Physics Education Study Program

Lisensi

Hak Cipta (c) 2022 Nurmila Nurmila, Masri Kudrat Umar, Tirtawaty Abdjul

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.