Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016

Penulis

Nurul Fatimah , Gunawan Gunawan , Wahyudi Wahyudi

DOI:

10.29303/jpft.v2i4.423

Diterbitkan:

2017-12-28

Terbitan:

Vol 2 No 4 (2016): Oktober

Kata Kunci:

problem-based learning model, cognitive conflict strategies, mastery of concepts, critical thinking

Articles

Cara Mengutip

Fatimah, N., Gunawan, G., & Wahyudi, W. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(4), 183–190. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.423

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aimed to determine the effect of the problem based learning with cognitive conflict strategy towards mastery of concepts and critical thinking skills physics class XIth at SMKN 1 Lingsar academic year 2015/2016. Mastery of concepts measured on the cognitive domain of C1 through C6 (knowledge, comprehension, application, analysis, evaluation and creation) and critical thinking skills measured by indicators of critical thinking. Type of research is a quasi-experimental research design pretest-posttest control group design. Sampling using random cluster sampling. Classroom study is a class XI TIà as an experimental class with 36 people and the number of students in class XI TI 2 as the control class with the number of students 36 people. The data will be analyzed using one way MANOVA.. The results showed that the model of problem-based learning with cognitive conflict strategiy affect the mastery of concepts and critical thinking skills physics class X SMKN 1 Lingsar.

Referensi

Amir, M. T. 2009. Inovasi Pendidikan Melalu Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hanafiah dan Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Iskandar, S. M. 2015. Pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis Konstruktivis. Malang: Media Nusantara Kreatif.

Nur, M. 2005. Pembelaaran Kooperatif. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Lembaga Penjamin Mutu Jawa Timur.

Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jakarta: IKAPI

Wardoyo,S. M. 2013. Pembelajaran Berbasis Konstrukstivisme. Jakarta: Penerbit Alfabeta.

Arends, R. I. 2004. Learning to Teach Sixth Edition. Newyork: McGraw Hill Companies Inc.

Ormword, J. E. 2009. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hill, W. F. 2011. Theories Of Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Arends, R.I. 2008. Lerning To Teach: Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Jilid I. Diterjemahkan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaidah. 2010. Penguasaan Konsep oleh Siswa Melalui Metode Problem Solving pada Konsep Sistem Respirasi (Eksperimen di Mts Negeri Cipondoh Tangerang). Skripsi dipublikasikan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Silaban, Bajongga. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. Vol 20 (1), 65-75.

Anderson, L. W., dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fisher, A. 2008. Bepikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Surya, H. 2013. Cara Belajar Orang Genius: Study Hard Belumlah Cukup Tanpa Didukung Study Smart. Jakarta: PT Gramedia.

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. USA: Prentice-Hall, Inc.

Santrock, W.J. 2003. Adolescence. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.