Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika

Penulis

Sutrio Sutrio , Gunawan Gunawan , Ahmad Harjono , Hairunnisyah Sahidu

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.577

Diterbitkan:

2018-05-29

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

project-based teaching materials, experimental Physics, Critical thinking skills

Articles

Cara Mengutip

Sutrio, S., Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 131–140. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.577

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aims to develop project-based teaching materials of experimental Physics that can improve the critical thinking skills of prospective teachers. This research includes development of education which is divided into three phases, namely preliminary study phase, product design development phase, and product testing phase. The results showed that the teaching materials that have been developed feasible / well used in learning and meet the validation test by the expert for the contentsââ¬â¢ feasibility, presentation and language with good category. Studentsââ¬â¢ response after using the teaching materials is very good to support and complete the teaching materials at the time of lecturing. The teaching materials which tested in experimental Physics II were able to improve students' critical thinking skills from the initial test result with the mean score of 38.1 and the final test result with the mean score of 69.8.

Referensi

Jarwanto, A. (2012) Pembelajaran proyek mata Pelajaran Fisika di SMA sebagai starting point pembentukan budaya meneliti. Jakarta: Seminar Nasional Fisika.

Kurniawan, A. 2(012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Terkait Sains Peserta didik SMP (Studi Esperimen di SMP Negeri 4 Singaraja). Jurnal Pendidikan IPA, 2(1).

Meyers, C. (1986). Teaching students Think Critically. London: Jossey-Bass Publishers.

Nurohman S. (2008). Pendekatan project based learning sebagai upaya internalisasi scientific method bagi mahasiswa calon guru fisika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto Widodo G, Joko (2017) Pengembangan dan Implementasi perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek - Innovation of Vocational Technology Education,- ejournal.upi.edu.

Sadia, I. W. (2008). Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (suatu persepsi guru). Jurnal pendidikan dan pengajaran Undiksha, 2(2): 19-237.

Sastrika, Ida Ayu Kade, Wayan Sadia, and I. Wayan Muderawan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan IPA, 3(1).

Schafersman, Steven D. (2006). An Introduction to Critical Thinking. http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta

Suranti, N. M. Y., Gunawan, dan Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Alat-alat Optik, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73 ââ¬â 79.

Biografi Penulis

Sutrio Sutrio, Mataram University

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>