Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Mataram Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses

Syahrial Ayub, I Wayan Gunada, Gusti Afifah

Abstract

This collaborative action research which was aimed to improve the quality of physics teaching through the implementation curriculum of 2004 in teaching scenario which oriented for process skill. This action research was conducted to the second year students of The State Senior High School 2 Mataram, by involving two teachers for giving the treatmen. The data needed such as observation result of teaching inthe class and the student response were collected by observation format of teaching in the class and questionnare. By using quantitative and qualitative analysis, it was found that 1) the implementation of process skill teaching can quality improvement of physic teaching in The State Senior High School 2 Mataram, 2) student's response for implementation of process skill teaching is good, 3) the student's opinion toward implementation of process skill teaching is quantitatively positive. Based on this result, it is recommended that physic teacher implement process skill teaching of teaching continuosly in order to improve student's achievement.

Keywords

Process Skill Teaching, Teaching Quality.

Full Text:

PDF

References

Azizirrahim, E., Sutrio, S., & Gunawan, G. 2017. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika pada Siswa Kelas VIIA SMPN 8 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(4), 272-275.

Dahar, W.M. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. 2017. Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Hikmawati, H., Kusmiyati, K., & Sutrio, S. 2019. Penerapan Lembar Kerja Eksperimen Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 167-172.

Huda. M. 2013. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Falsalah. Surabaya: University Press.

Irawan. P. 1997, Teori Belajar. PAU-PPAI. Jakarta. Universitas Terbuka.

Klinger. W. 1997. Survei Metode Pengajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Erziehungswiss, Fakultat der Universtat, Erlangen-Nurnbe

Nur, M. 1988. Keterampilan Proses dan Proses Belajar Mengajar pada Teknologi Kejuruan. Laporan Penelitian. IKIP Surabaya.

Ramdhani, A. 2005. Optimalisasi Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan Kit IPA di SMP N 6 Mataram, Unram Press, Mataram

Santyasa, 1997. Pembelajaran Modul dengan Metode Demontrasi dah Analogi Sebagai Strategi Pengubah Miskonsepsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA. Laporan Penelitian. STKIP Singaraja.

Subrata, 2000. Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Siswa SD melalui Pembelajaran IPA dengan Keterampilan Proses. Laporan Penelitian. STKIP Singaraja.

Suwandari, P. K., Taufik, M., & Rahayu, S. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 82-89.

Tuada, R. N., Gunawan, G., & Susilawati, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Teknik Guided Teaching Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 128-136.

Venisari, R., Gunawan, G., & Sutrio, S. 2017. Penerapan Metode Mind Mapping pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 193-199.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.