Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Mataram Tahun 2019
DOI:
10.29303/cep.v3i2.1817Published:
2020-11-19Issue:
Vol. 3 No. 2 (2020): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran kimia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMAN 7 Mataram tahun 2019. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dalam bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi semua siswa kelas XI MIA SMAN 7 Mataram. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional metode ceramah. Data menujukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen = 69,72 lebih besar dari rata-tata kelas kontrol 62,17. Hal yang sama dengan median 67,6 lebih tinggi dibandingkan median kelas kontrol 58,3, sedangkan standar deviasi pada kelas eksperimen 7,494 lebih kecil dibanding standar deviasi kelas kontrol = 8,009 yang berarti kelas eksperimen lebih homogen daripada kelas kontrol. Hasil uji statistik pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (3,33) > ttabel (2,009). Berdasarkan hasil tersebut dapat dismpulkan bahwa perbedaan skor kedua kelompok bukan terjadi secara kebetulan, tetapi karena pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritisReferences
Irham., Indah, Wigati., dan Ayu, Pujiastuti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Beroikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi 2(2).
John W. Santrock. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2008),h.360
Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi. Jakarta : Rajawali Pers.
Linda, Antika. 2017. Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Biologi Dengan Model Reading-Concept Map-Think Pair Share (REMAP TPS). Pendidikan IPA 3(2).
Sanjaya, Wina (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudarmin., Adhitama, N., dan Parmin. 2015. Implementasi Quantum Learning berbantuan Mind Maping Worksheet untuk mengukur kemampuan komunikasi dan hasil belajar peserta didik. 4(3).
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, S., Wildan, W., & Laksmiwati, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Karakter Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 63-68.
Widodo, T & Kadarwati, S. 2013. High Order Thingking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan 32(1), 161-170
Author Biographies
Hary Abdurrahman, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Wildan Wildan, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).