Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berpendekatan Saintifik Berbasis Daring Untuk Melatih Penalaran Induktif Siswa pada Materi Asam dan Basa

Authors

Hezi Septi Iliana , Yayuk Andayani , Supriadi Supriadi , Burhanuddin Burhanuddin

DOI:

10.29303/cep.v6i1.3198

Published:

2023-05-31

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Keywords:

kevalidan, kepraktisan, LKPD, pendekatan saintifik, penalaran induktif

Articles

How to Cite

Iliana, H. S., Andayani, Y., Supriadi, S., & Burhanuddin, B. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berpendekatan Saintifik Berbasis Daring Untuk Melatih Penalaran Induktif Siswa pada Materi Asam dan Basa. Chemistry Education Practice, 6(1), 128–134. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.3198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan LKPD berpendekatan saintifik berbasis daring untuk melatih penalaran induktif siswa pada materi asam dan basa. Model penelitian yang digunakan adalah model 4-D. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel peserta didik sebanyak 32 orang dari kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Montong Gading. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil uji validasi LKPD diperoleh dari uji kevalidan tahap 1 dan 2 yaitu 116,33 dan 114,5 yang menunjukkan kategori valid dan bisa dilanjutkan untuk uji kepraktisan dengan menggunakan angket respon guru dan peserta didik terhadap LKPD. Hasil respon guru dan peserta didik adalah 87,36 % dan 74,87 % dengan kategori sangat praktis dan praktis sedangkan rata-rata nilai kemampuan pendekatan saintifik dan penalaran induktif peserta didik setelah mengerjakan LKPD adalah 83,37 dan 83,59. Simpulan dari penelitian ini adalah LKPD yang dikembangkan sudah termasuk dalam kategori valid dan praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran daring.

References

Arcat, & Afri, L. E. (2017). Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VII SMP Kecamatan Tambusai 2017. Jurnal Ilmiah Edu Research, 6(2), 34-42.

Ariyanti, E., Fadly, W., Anwar, M. K., & Sayekti, T. (2021). Analisis Kemampuan Membuat Kesimpulan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Education For Sustainable Development. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 99-107.

Fadhilaturrahmi. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Eduhumaniora, 9(2), 109-118.

Fahmidani, Y., Andayani, Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Chemistry Education Practice, 2(1), 1-5.

Faisal, M., Andayani, Y., Idrus, S. W. A., & Wildan. (2018). Hubungan Penulisan Jurnal Belajar Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Mataram. Chemistry Education Practice Journal, 1(2), 7-13.

Izzatunnisa, Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 49-54.

Mujiyanti, A. R., Hakim, A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Generik Sains Kimia Bahan Alam: Isolasi Asam Anakardat Dari Kulit Biji Jambu Mete. Chemistry Education Practice Journal, 3(2), 91-98.

Nurhayati, E., Andayani, Y., & Hakim, A. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM Dengan Pendekatan Etnosains. Chemistry Education Practice Journal, 4(2), 106-112.

Rhamdany, Z., Arifin, S., & Irpan, S. (2017). Kombinasi Delphi dan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Dimensi Tiga, Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami) (262-269). Mataram: Mathematics Education Departement.

Soenarko, I. G. K., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2018). Keterampilan Pengambilan Keputusan dan Hasil Belajar Kimia Siswa di SMA/MA Negeri Mataram Ditinjau dari Penerapan Metode Pembelajaran. Jurnal Pijar MIPA, 13(2), 86-89.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189-204.

Yuliana, O. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran IBMR Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Zohrani & Masââ¬â¢aniah, B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Teori Belajar Jerome S. Bruner Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Unwanul Falah NW Paok Lombok. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 68-80.

Author Biographies

Hezi Septi Iliana, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Supriadi Supriadi, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Burhanuddin Burhanuddin, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Hezi Septi Iliana, Yayuk Andayani, Supriadi Supriadi, Burhanuddin Burhanuddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.