Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi
Authors
Shinta Nur Cholifah , Dian NovitaDOI:
10.29303/cep.v5i1.3280Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiKeywords:
e-LKPD, guided inquiry, liveworksheet, literasi sains, faktor laju reaksiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD guided inquiry berbantuan liveworksheet untuk meningkatkan literasi sains pada submateri faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang layak digunakan dalam pembelajaran kimia. Metode pengembangan e-LKPD menggunakan 4-D yang dibatasi sampai Develop. Kriteria kelayakan penelitian ini meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Desain uji coba penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design pada 20 peserta didik SMAN 3 Surabaya. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Kriteria kevalidan diperoleh dari hasil validasi para ahli yang memperoleh rata-rata presentase 88% (sangat valid). Kriteria kepraktisan diperoleh dari dari hasil observasi aktivitas dan respon peserta didik yang memperoleh rata-rata presentase masing-masing 100% dan 93% (sangat praktis). Kriteria keefektifan diperoleh dari ketuntasan hasil belajar kognitif dan hasil pretest-posttest (keterampilan literasi sains) yang diuji t dengan nilai signifikan 5%. Berdasarkan perbandingan hasil pretest dengan posttest, peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar kognitif maupun keterampilan literasi sains terlihat pada skor n-gain ranah kognitif (nilai sig. 0,101-0,081) dan skor n-gain ranah literasi sains (nilai sig. 0,050-0,411) dengan kategori tinggi. Hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai bahan ajar dalam pembelajaran yang efektif untuk peningkatan literasi sains.
References
Adilla, T. N. (2017). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.
Abidah, A., Hidayatullaah H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1 (1), 38–49
Celik, S. (2014). Chemical Literacy Levels of Science and Mathematics Teacher Candidates. Australia Journal of Teacher Education, 39 (1), 1-15.
Cigdemoglu, C. & Geban, O. (2015). Improving Students’ Chemical Literacy Levels on Thermochemical and Thermodynamics Concepts through a Context-Based Approach. Chemistry Education Research and Practice, 16 (2), 302-317.
Delors, J. (1996). Learning: The Treasure Within, Report to UNESCO of The International Commission on Education for the Twenty-First Century. Paris: UNESCO.
Dewi, C. A., Pahriah, P., & Purmadi, A. (2021). The Urgency of Digital Literacy for Generation Z Students in Chemistry Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16 (11), 88.
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Liveworksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra : Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. 5(1), 37–50
Helena, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Metode Guided-Discovery pada Siswa Kelas X-4 Man 2 Padangsidimpuan Semester Ganjil Tahun 2017. Jurnal Paidagogeo, 2, 47–59.
Hidayat, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan Statcal. Medan: Yayasan Kita Menulis
Ibrahim, M., & Wahyusukartiningsih. (2014). Model Pembelajaran Inovatif melalui Pemaknaan. Surabaya: Unesa University Press.
Ihsan, M. S., dan Jannah, S. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. J. Pijar MIPA. 16 (4). 438-441
Isni Fitri dan Yuni Fatisa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Koloid. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2 (2). 181 – 190
Izzati, N. (2017). Penerapan PMR pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5 (2), 30–49
Izzatunnisa, Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan untuk Maningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar MIPA, 14 (2), 49-54.
Juilando, F., & Hardeli. (2019). Validitas dan Praktikalitas E-Modul Struktur Atom Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas X SMA/MA. Journal of RESIDU, 3 (14).
Katriani, L. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pelatihan Pembuatan Perencanaan Pembelajaran IPA untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kelas Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru SMP Se Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta. Yogyakarta, Vol 2 (1), 70-79.
Kefalis, C., & Drigas, A. (2019). Web Based and Online Applications in STEM Education. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 9(4),76–85.
Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Gerakan Literasi Nasional. pp. 1–36.
Kind, T., & Evans, Y. (2015). Social Media for Lifelong Learning. International Review of Psychiatry, 27 (2), 124–132.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3 (1), 99-110.
Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289-295.
Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462.
Nida, S., Rahayu, S., & Eilks, I. (2020). A Survey of Indonesian Science Teachers’ Experience and Perceptions toward Socio-Scientific Issues-Based Science Education. Education Sciences, 10(39), 1-15.
Nisa’, V. C. & Yonata, B. (2020). Development of Integrated Curriculum Student Worksheet to Train Student Scientific Literacy Skills in Reaction Rate Material. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Unila, 9 (3), 94-106.
Nur, F. M. & Hidayah, R. (2018). Development of Student Worksheet Based Guided Inquiry to Practice Scientific Literacy in Thermochemical Chapter of XI Grade in Senior High School. Proceedings of the Seminar National Kimia – National Seminar on Chemitry (SNK 2018): 147-150. Surabaya, September 2018: Universitas Negeri Surabaya.
Nurhidayah, dkk. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Edusains, 1.
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing
OECD. (2021). 21st-Century Readers. Paris: OECD Publishing.
Permendikbud. (2013). Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Plessis, E.C.DU. (2017). The Voice of Student Teachers on E-Learning Initiatives in a Distance Education Community of Practice. Journal for New Generation Science, 15(01), 260-277.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Pratika & Muchlis (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung. UNESA Journal of Chemical Education, 5(1). 9-18
Putri, M. H. K., dan Rinaningsih. (2021). Review: Efektivitas LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 10 (3). 222-232.
Rakhmawan, A., Setiabudi, A., & Mudzakir, A. (2015). Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri pada Kegiatan Laboratorium. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (JPPI), 1 (1), 143- 152.
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific Literacy of Students Learned Trough Guided Inquiry. International Journal of Research and Review, 4 (5), 23-30.
Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assesment on the Cycle Theme. International Journal of Environtmental and Science Education, 11 (12), 5718-5727.
Shahid, Z., Kalayanamitra, R., McClafferty, B., Kepko, D., Ramgobin, D., Patel, R., ... & Jain, R. (2020). COVID‐19 and older adults: what we know. Journal of the American Geriatrics Society, 68(5), 926-929.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semuel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humainora
Tosun, Cemal & Taskesenligil, Yavuz. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Student Motivation Towards Chemistry Classes and on Learning Strategies. Journal of Turkish Science Education, 9 (1), March
Waryanto, B., & Millafati, Y. A. (2016). Transformasi Data Skala Ordinal ke Interval dengan Menggunakan Makro. Jurnal Informatika Pertanian, 15 (1), 881–895
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.
Wulandari, R. dan Novita, Dian. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning pada Materi Asam Basa untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. UNESA Journal of Chemical Education, 7 (2). 129-135
Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. BioEdu. 10 (3). 605-616.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Artikel disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan. Kalimantan Barat: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
License
Copyright (c) 2022 Shinta Nur Cholifah, Dian Novita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).