Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan HOTS Pada Materi Laju Reaksi
Authors
Eva Rizka Amalia , Dian NovitaDOI:
10.29303/cep.v5i1.3264Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiKeywords:
LKPD, Inkuiri, Keterampilan HOTS, Laju ReaksiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada materi laju reaksi. Penelitian ini dikembangkan menggunakan metode 4D (define, design, develop, dissiminate), namun hanya sampai tahap pengembangan (develop) yang diuji cobakan terbatas pada 15 peserta didik SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik yang sudah mendapatkan materi laju reaksi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar validasi, lembar angket respon, lembar tes ranah kognitif dan lembar tes keterampilan HOTS yang dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan LKPD sangat valid dengan persentase kesesuaian isi 93%, kebahasaan 91%, penyajian 92% dan kegrafisan 88%. Respon peserta didik menunjukkan kategori sangat praktis dengan rata-rata presentase 90,5%. Hasil tes ranah kognitif memperoleh skor N-gain dengan kategori tinggi sebesar 0,88. Hasil tes ranah keterampilan HOTS tiap komponen C4, C5 dan C6 memperoleh nilai rata-rata presentase berturut-turut sebesar 87%, 85,8%, 86,6%. Selain itu, hasil tes ranah keterampilan HOTS dibuktikan menggunakan uji paired sample t test dan mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0 sehingga dapat disimpulan bahwa LKPD berbasis inkuiri dapat melatihkan keterampilan HOTS pada submateri faktor yang mempengaruhi laju reaksi.References
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(1), 90. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614.
Aulia, E.V., Ismono. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA WIDYA DARMA SURABAYA. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 4, No.2, pp. 163-171.
Brookhart, S.M. (2010), How To Asses Higher-Order Thinking Skills In Ypur Classroom. United States of America: ASCD Member Book.
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Kimia untuk Peserta Didik SMA/MA. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Chang, R. (2003). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti. Jakarta: Erlangga
Dewi, P., Rina E., & Elvinawati. (2021). Pengembangan Butir Soal HOTS Untuk Menguji Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di MA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2): 141-148.
Hake, R. (1998). Interactive Engagement Versus Traditional methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Physics, 66(1), 64–74.
Hendryarto, Jefry., Amaria. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Pokok Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 2, No.2, pp. 151-158.
Jannah, N., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(1),186-198
Kemendikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Khafida, I.L., Ismono. (2021). Pengembangan LKPD Inkuiri Berbasis Hands-on & Mind-onembar Untuk Meningkatkan HOTS Pada Materi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 10, No.1, pp. 38-47.
Kurniaman, O., Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 2 pp. 389–396.
Kusdiningsih, E. Z., Jalmo, T., & Agung, J. (2016). Penerapan LKPD Berbasis Kemampuan Argumentasi-SWH untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Tertulis dan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, 6(2), 101-110.
Nieveen, N. (2010). Formative Evaluation in Educational Design Research. An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at Shanghai (PR China): The East China Normal University.
Noviana, Mufida. (2016). Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Kingdom Plantae. J. Pedagogi Hayati 01(01): 46 – 53. FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji
Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk & Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Susilo, S.V., Prasetyo, T.F. (2020). Bahan Ajar Mobile Learning 2D Berbasis Android: Sebuah Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No. 2b, pp. 587-592.
Wagner, T. (2010). The Global Achievement Gap. Cambrudge: Harvard University.
Widodo dan Kadarwati. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXII, No. 1 161-171
Yuliandri, N., Hamdu, G., & Respati, R. 2019. Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 6, No. 1, pp. 37-46.
License
Copyright (c) 2022 Eva Rizka Amalia, Dian Novita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).