Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram Dalam Menjelaskan Fenomena Ilmiah Yang Terjadi Di Kehidupan Sehari-Hari
DOI:
10.29303/cep.v6i2.3645Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
Kemampuan Literasi Sains, Fenomena Ilmiah, Kehidupan sehari-hariArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram dalam menjelasakan fenomena ilmiah yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitiannya adalah mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram angkatan 2019. Subjek dipilih secara random, sejumlah 15 mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan literasi sains dan wawancara. Pengembangan instrumen dilakukan untuk mengukur kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram pada materi korosi. Teknik analisis data menggunakan metode perbandingan tetap. Data yang dianalisis dilakukan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram angkatan 2019 pada materi korosi termasuk dalam kategori rendah. Rinciannya yaitu: persentase pada setiap aspek literasi sains berdasarkan tes kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan memiliki persentase sebesar 61,13% (sedang), aspek konteks memiliki persentase sebesar 52,80% (rendah), aspek kompetensi memiliki persentase sebesar 33,81% (rendah) dan aspek sikap dengan persentase sebesar 31,65% (rendah). Sama hal nya dengan hasil berdasarkan wawancara, kemampuan literasi sains mahasiswa berada pada kategori rendah.
References
Angraini, G. 2014. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X di Kota Solok. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sain, 1(4), 161-170.
Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 179-191.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Diana, S., Arif, R., Euis, S. R. 2015. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assesments (SLA). Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 201.
Ishiqiyah, A. 2018. Penerapan Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Ejournal-pensa : Pendidikan Sains, 6(2), 300-305.
Islam, Zaky A., Nahadi, & Permanasari, A. (2013). Hubungan Literasi Sains dan Kepercayaan Diri Siswa pada Konsep Asam Basa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1, 16–25.
Lestari, S. Puji. 2018. Analisis Literasi Sains Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas UIN Raden Intan Lampung.
Moleong, Lexy, J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mujib, A., & Suparingga, E. (2013). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian dengan Metode Latis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 1-6. Yogyakarta.
Nyoman, I Bagiarta; I Wayan Karyasa; I Nyoman Suardana. 2015. Komparasi Literasi Sains Antara Siswa Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation) Dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Smp. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Qur’an hadis Volume 5.
OECD. 2018. PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD Publishing.
Permatasari, P., & Fitriza, Z. 2019. Analisis Literasi Sains Siswa Madrasah Aliyah pada Aspek Konten, Konteks, dan Kompetensi Materi Larutan Penyangga. EduKimia, 1(1).
Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rusilowati, A., Dkk. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assesment on The Cycle Them. International Journal of Environmental & Science Education, 11, 5718- 5727.
Rustaman, N.Y. 2006. Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Seminar Nasional VIII Pendiikan Biologi. 15-34.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Wulandari, N., & Sholihin, H. 2016. Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762
Zuriyani, E. 2017. Literasi Sains Dan Pendidikan. Jurnal Sains Dan Pendidikan, 13.
Author Biographies
Qurrata Ayuni, Universitas Mataram
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Supriadi Supriadi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
License
Copyright (c) 2023 Qurrata Ayuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).